Penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Jember untuk merayarakan libur Paskah. (Foto. Supianik)

Libur Paskah Kenaikan Penumpang di Daops IX Jember Capai 115 Ribu Orang

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Libur perayaan hari Paskah kali ini jatuh pada hari Jumat. Hal ini membuat libur akhir pekan bertambah sehingga menjadikan libur panjang akhir pekan (long week end).

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini banyak masyarakat menggunakannya untuk bepergian ke sejumlah tempat. Tak heran jika tingginya animo masyarakat untuk bepergian ini meningkatkan jumlah penjualan tiket kereta api di daerah operasi (Daop) IX Jember.

Manager Angkutan dan Fasilitas PT KAI Daop IX Jember, Adji Djulianto mengatakan, pada libur long week end  kali ini  jumlah penumpang   kereta api di Daop IX naik sebesar 3 persen.

“Jika pada akhir pekan biasa jumlah penumpang sekitar 200.000 penumpang saat ini naik menjadi 315.000 penumpang,” katanya.

Diakui Adji jika sebenarnya masih banyak masyarakat yang ingin menggunakan jasa kereta api namun sudah kehabisan tiket karena terbatasnya sarana yang dimiliki. Pasalnya, saat ini banyak sarana PT KAI sedang dipersiapkan untuk menghadapi musim angkutan lebaran.

Sehingga pada libur long week end kali ini PT KAI Daop IX hanya memberikan tambahan dua gerbong kereta ekonomi pada rangakaian kereta api Mutiara Timur relasi Banyuwangi –Surabaya, dengan kapasitas 106 seat (tempat duduk).

Adji memprediksi puncak keberangkatan penumpang akan terjadi hari Jumat ini dan puncak kepulangan penumpang pada Minggu malam nanti.

Untuk tujuan yang paling banyak dituju penumpang adalah kota Surabaya, Jogjakarta dan Purwokerto. “Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang, Adji memastikan tidak ada kenaikan harga tiket kereta api,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *