Beranda News Banyuwangi Banyuwangi Mendapat Jatah 12 Mahasiswa Asing Peserta BSBI

Banyuwangi Mendapat Jatah 12 Mahasiswa Asing Peserta BSBI

75
0
Kunjungan Mahasiswa Peserta BSBI Di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Sebanyak 72 pemuda asing dari 44 negara menerima Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) ke 16 dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 12 diantaranya tinggal di Banyuwangi. terdiri dari mahasiswa Asia, Afrika dan Eropa  yang akan belajar pariwisata dan budaya Banyuwangi.

Program beasiswa ini diberikan kepada pemuda-pemudi mancanegara untuk mempelajari budaya dan kearifan lokal Indonesia selama tiga bulan. Tahun ini program BSBI mengusung tema “The Colours of Beautiful Indonesia”.

Menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Sebagai calon duta wisata dari Negara masing-masing nantinya para mahasiswa ini akan diberi materi lengkap tentang adat istiadat, budaya, pariwisata dan bahasa daerah yang ada di Banyuwangi.

Selama tiga bulan para peserta BSBI yang berasal dari Brunei Darussalam, Thailand, Singapore, Cambodia,India, Azerbaijan, Japan, Bulgaria, Timor Leste, Benin, Fiji, Indonesia ini akan mempelajari Bahasa, seni budaya, kegiatan sosial dan kearifan lokal serta kunjungan beberapa objek wisata di Banyuwangi.

“Dalam rentan waktu tersebut, para peserta akan berlatih di sanggar Sanggar Sayu Gringsing, milik Subari, yang baru bergabung dan menjadi mitra Kementrian Luar negeri pada tahun 2018 ini”. Katanya

Sementara itu, menurut pemilik Subari, para mahasiswa itu minimal harus memiliki 3 point penting yang nanti akan diajarkan di sanggarnya.

Mulai dari tarian, music hingga beberapa percakapan dan istilah bahasa daerah sendiri. Selain itu, Subari juga telah mempersiapkan kurikulum khusus untuk peserta yang berasal dari Asia, Afrika dan Eropa tersebut.

WIDHI NURMAHMUDY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here