Petugas tim gabungan saat melakukan sidak di Golden market Jember untuk memastikan tidak adanya produk makanan kaleng bercacing

Pastikan Tidak Ada Produk Ikan Kalengan Bercacing Di Jember, Dinkes dan Disperindag Lakukan Sidak Gabungan

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Selasa (3/4/2018) Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jember membentuk tim gabungan untuk menggelar sidak ke beberapa supermarket di kabupaten Jember.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran produk makanan kaleng yang mengandung cacing. Sidak yang dilakukan di 10 toko yang berada di kawasan kota Jember ini, diawali dari Swalan Golden Market yang berada di Jalan Trunojoyo Jember.

Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan, Dinas Kesehatan Jember Dra. Widjajaningsih, menerangkan sidak yang di lakukan ini bertujuan untuk menindaklanjuti di lapangan apakah masih beredar produk makanan yang terindikasi  cacing.

Setelah memeriksa produk ikan kaleng yang berada di etalase toko,  Ningsih menyatakan di Golden Market tidak terdapat merk produk ikan kaleng yang diduga terindikasi cacing. Sidak selanjutnya dilanjutkan ke toko lain.

Meskipun belum menemukan adanya produk ikan kaleng yang diduga mengandung cacing, Naning memastikan piihaknya akan menarik produk tersebut dan selanjutnya akan menyerahkan ke Polres Jember untuk tindak lanjut penanganannya.

Sementara itu, Diah Purdiana, Store Manager Golden Market mengaku meskipun belum menerima Surat Edaran terkait produk makanan kaleng yang diduga mengandung cacing dari Dinkes, pihaknya telah menarik sekitar 500 kaleng produk yang masuk dalam daftar pada Jumat pekan lalu.

Diah mengakui bahwa produk makerel kaleng yang diduga terindikasi mengandung cacing tersebut selama ini memang menjadi produk yang paling banyak diminati masyarakat. Dalam sehari produk tersebut mampu terjual sekitar 1 dus yang berisi 48 kaleng ukuran sedang.

Diah menerangkan, selain menarik dari etalase, pihaknya juga mempunyai kebijakan untuk memberikan ganti rugi pada konsumen yang membeli produk tersebut dengan syarat ada struk pembeliannya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Pelanggan yang mengambil Voucher untuk peringatan Hari Pahlawan. (Foto. Fareh Hariyanto)

KAI Tambah Daftar Profesi untuk Dapat Naik Kereta Api Gratis di Momen Hari Pahlawan

Radiobontangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucher …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *