Beranda News Situbondo Kantong Kemiskinan Jadi Basis Tenaga Migran Illegal

Kantong Kemiskinan Jadi Basis Tenaga Migran Illegal

25
1
Ilustrasi Ilegal (Repro)

Radiobintangtenggara.com, Situbondo – Sejumlah daerah kantong kemiskinan di Situbondo, masih jadi tempat human trafficking atau perdagangan manusia. Kebanyakan mereka dijadikan tenaga kerja illegal ke luar negeri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Situbondo, Junaidi, mengatakan, jumlah Tenaga migran illegal asal Situbondo cukup banyak. Paling banyak, TKI Illegal tersebut dipekerjakan ke Malaysia.

Junaidi menambahkan, pihaknya kesulitan mendata jumlah pasti TKIL illegal Situbondo di luar negeri. Namun berdasarkan data yang ada, saat ini TKI illegal paling banyak berasal dari Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Junaidi memperkirakan hampir setiap desa di Situbondo ada TKI illegal. Jika setiap desa rata-rata ada lima orang TKI illegal, maka jumlah TKI illegal Situbondo di luar negeri diperkirakan berjumlah 660 orang.

Menurut Junaidi, berdasarkan pengamatan di lapangan, warga Situbondo biasanya jadi TKI illegal karena tak memenuhi syarat. Mereka mengambil jalan pintas berangkat ke luar negeri menggunakan jalur tikus.

Masih menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Junaidi, sesuai ketentuan perundang-undang yang baru, Kepala Desa memiliki peran penting membendung TKI Illegal.

Selain itu kata Junaidi, pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan padat karya dan pelatihan keterampilan, agar masyarakat tak menjadi TKI illegal ke luar negeri.

ZAINI ZAIN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY