Komoditas telur yang mengalami kenaikan harga menjelang Ramadhan

Menjelang Ramadhan Harga Telur Dan Daging Ayam Ras Di Jember Merangkak Naik

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Dua minggu menjelang datangnya Bulan Ramadhan harga sejumlah komoditas di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jember terpantau mengalami kenaikan harga.

Seperti komoditas telur dan daging ayam ras. di Pasar Tanjung Jember, harga telur ayam ras saat ini naik  mencapai Rp22.000 ditingkat pengepul dan Rp24.500 ditingkat pengecer.

Padahal di pertengahan bulan April lalu harganya hanya berkisar diangka Rp.18.000 per kilogram. Untuk harga daging ayam ras, dalam waktu sepekan terakhir berkisar diangka  Rp33.000 hingga Rp34.000 per kilogram, sedangkan sebelumnya harga daging ayam ras berkisar antara Rp28.000 hingga Rp29.000 per kilogram.

BACA JUGA : Ketimpangan Pendapatan Masyarakat Di Jember Masuk Kategori Rendah

Kasi Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan M. Mui mengatakan, pasokan telur ayam dan daging ayam ras dari peternak saat ini juga berkurang karena pemerintah melarang penggunaan vaksin AGP (Antibiotic Growth Promoter) yang biasanya digunakan oleh peternak.

Vaksin tersebut dilarang karena dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Namun dampak dari larangan penggunaan vaksin tersebut adalah penurunan produktivitas ayam.

Ia memprediksi harga daging ayam ras akan terus naik hingga menjelang Lebaran 2018 nanti, kenaihan harga diperkirakan mencapai Rp40.000 hingga Rp.45.000 perkilogram.

Hal tersebut berbeda dengan daging sapi yang harganya diperkirakan relatif stabil dikisaran angka Rp.110.000 per kilogram.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *