Bupati Anas Urus Musim Mudik

Musim Mudik Lebaran, Banyuwangi Siapkan Pelayanan Ekstra Dokumen Kependudukan

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Menghadapi musim mudik Lebaran, pemkab telah menyiagakan sejumlah pelayanan publik bagi para perantau. Salah satunya, menyiapkan layanan tambahan untuk pengurusan surat administrasi kependudukan (adminduk).

Momen pulang kampung saat libur Lebaran, biasanya digunakan para perantau sekaligus untuk mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, mulai menambah jam pelayanan hingga persiapan penambahan blanko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan usai libur lebaran biasanya terjadi lonjakan pengurusan adminduk oleh warga Banyuwangi yang tinggal di luar kota, terutama kartu tanda penduduk elektronik (ktp-el).

Oleh karena itu, lanjut Anas, pihaknya telah mengajukan penambahan blanko ktp-el sebanyak 76 ribu lembar pada Kementerian Dalam Negeri (kemendagri). Ini dilakukan untuk memastikan stok blanko tersedia saat terjadi peningkatan pemohon ktp-el.

“Minggu ini kami sudah mendapat kiriman 30 ribu lembar. Meski jumlahnya lebih sedikit dari yang kita minta, tapi diperkirakan cukup hingga usai lebaran nanti. Dari jumlah yang 30 ribu itu, rencananya yang 20 ribu untuk pemohon saat musim Lebaran. Sisanya, yang 10 ribu lembar untuk rutin,” terang Anas.

BACA JUGA : Festival Patrol Banyuwangi, Orkestra Asal Jerman Ikut Memeriahkan Festival

Selain itu, untuk mengantisipasi membludaknya pemohon, pihaknya telah meminta Dispendukcapil membuka layanan tambahan di Hari Sabtu dan Minggu. Ini khusus untuk melayani perekaman dan pencetakan ktp-el di Kantor Dispendukcapil.

“Layanan ini sudah dimulai sejak awal puasa hingga usai libur lebaran nanti. Sehingga, masyarakat yang belum sempat mengurus KTP di hari kerja bisa mengurusnya pada Hari Sabtu dan Minggu, pukul 08.00-13.00 WIB,” terang Anas.

Bahkan, jam pelayanan di Kantor Dispendukcapil saat hari kerja juga diperpanjang hingga satu jam di luar jam kerja resmi, yakni hingga pukul 16.30

“Kami juga mengintensifkan layanan mobil operasional yang stand by setiap hari kerja di halaman kantor Dispendukcapil. Jadi selain bisa melakukan perekaman dan pencetakan di kantor, warga juga bisa memanfaatkan mobil operasional ini,” kata Anas.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Banyuwangi Djafri Yusuf juga mengimbau warga untuk bisa memaksimalkan pelayanan cetak KTP elektronik di enam kecamatan yang ada.

Sekedar diketahui, ada enam kecamatan di Banywuangi yang telah bisa melakukan perekaman dan pencetakan KTP, yakni Kecamatan Kalibaru, Genteng, Sempu, Muncar, Siliragung, dan Wongsorejo. “Silakan datang ke kecamatan yang terdekat, bisa lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan permohonan adminduk usai lebaran, khususnya ktp-el, Djafri mengimbau agar warga yang tetap berdomisili di Banyuwangi segera mengurusnya sebelum libur tiba. “Supaya tidak antre panjang, saya imbau agar warga yang memang perlu mengurus adminduk segera mengurusnya sebelum libur lebaran,” pintanya.

Djafri menjelaskan, pengurusan ktp el ini bisa selesai dalam waktu singkat. “Jika seluruh persyaratannya lengkap dan jaringan internetnya bagus, KTP-el bisa segera dicetak,” pungkasnya.

WIDHI NURMAHMUDY

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *