Beranda News Banyuwangi Pastikan Pelaksanaan Pilgub 2018 Aman dan Lancar, Bupati Anas Bersama Forpimda Keliling...

Pastikan Pelaksanaan Pilgub 2018 Aman dan Lancar, Bupati Anas Bersama Forpimda Keliling ke Sejumlah TPS

12
1
Bupati Anas

Radiobintangtengggara.com, BANYUWANGI – Memastikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 ini berjalan tertib dan aman, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, bersama Forpimda dan anggota tim monitoring provinsi Jawa Timur, Danang Sumiharta berkeliling dan memantau ke sejumlah TPS di Banyuwangi.

Sejumlah TPS yang menjadi sasaran pantau Bupati Anas dan rombongan ini, antara lain, TPS 05 Kelurahan Panderejo, TPS 04 Kelurahan Kampung Mandar, TPS 09 Kelurahan Singonegaran dan TPS Kecamatan Banyuwangi dan TPS 01 Villa Bukit Mas Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Giri.

Berangkat pukul 08:30  Wib dari kantor pemkab Banyuwangi, iring-iringan rombongan ini bertolak menuju tiga TPS di wilayah sekitar kota. Yakni, TPS 04 Kelurahan Kampung Mandar, TPS 05 Kelurahan Panderejo, TPS 09 Kelurahan Singonegaran.

Di setiap TPS yang disinggahi, Bupati Anas memantau perlengkapan coblosan. Seperti surat suara, kotak suara dan bilik suara. Juga memperhatikan pernak pernik menarik yang ada di TPS- TPS. Misalnya di TPS 04 Kampung Mandar, TPS-nya dikelilingi puluhan doorprize yang diikat-ikatkan pada tenda TPS. Mulai, mie instan, sapu ijuk, gelas plastik, tempat sampah dan lain-lain bergelantungan di TPS tersebut. “Ini menarik. Ini untuk menarik warga ya. Ini gratis juga,” tanya Bupati Anas pada salah seorang petugas.

Mendapat pertanyaan Bupati tersebut, salah seorang putugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) menyahut, “Ya pak. Ini kita berikan secara gratis kepada warga agar mereka semangat datang ke TPS,” ujarnya.

Dari TPS 04, Bupati beserta rombongan melanjutkan ke TPS 05 Kelurahan Panderejo dan TPS 09 Singonegaran. Di TPS yang dihiasi dengan ornamen barong ini, Bupati Anas juga melakukan hal yang sama. Bupati juga sempat berdialog dengan petugas TPS untuk menanyakan antuiasme warga di Pilgub Jatim ini.

Setelah melihat sejumlah TPS yang dinilai tertib dan aman, Bupati Anas  menyatakan pelaksanaan Pilgub di Banyuwangi berlangsung bagus dan aman. “Secara umum setelah saya keliling tadi pelaksanaannya bagus, aman dan berjalan lancar. Bahkan tadi banyak orang tua mengajak anaknya datang ke TPS. Dengan mengajak anak ke TPS seperti ini, saya kira ini suatu pelajaran yang bagus untuk mengenalkan proses demokrasi sejak dini kepada anak. Ini sangat bagus,” kata Anas.

BACA JUGA : BMKG : Hingga Juli Curah Hujan di Gunung Pendil Masih Tinggi

Selain itu, Bupati Anas juga menilai inovasi sejumlah TPS dalam menyambut pelaksanaan Pilgub ini sangat bagus. “Saya lihat tadi sejumlah TPS memberikan doorprize dan menghias TPS dengan beragam aksesoris menunjukkan antuias yang tinggi. Ini sesuatu yang patut diapresiasi. Semoga antusiame dan keterlibatan masyarakat yang tertib ini bisa menunjukkan bahwa kesadaran berpolitik warga Banyuwangi semakin meningkat,” pungkas Bupati Anas.

Sementara itu, kesempatan kunjungan Bupati bersama Forpimda ini dimanfaatkan warga untuk berjabat tangan dengan Bupati Anas untuk berfoto bersama.

Sebelum melakukan pemantauan Pemilu ke sejumlah TPS, Bupati Anas bersama Ny Ipuk Fiestiandani Azwar Anas telah memberikan hak suaranya dengan mencoblos di TPS 04 RT 04/05 Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan. Di TPS yang lokasinya berada di belakang kediaman Bupati Anas.

WIDHI NURMAHMUDY

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here