Novia Kurniawati, anggota Pengawas Pemilu memantau penghitungan suara Pilgub Jatim di salah satu TPS Kecamatan Besuki (foto: Zaini Zain)

159.254 Warga Situbondo Golput Pilgub Jatim

Radiobintangtenggara.com, Situbondo – Angka golput Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Situbondo  cukup tinggi. Angkanya hampir menyamai perolehan suara pasangan Gus Ipul-Puti atau lebih tinggi dibandingkan perolehan suara Khofifah-Emil.

Berdasarkan data KPU Situbondo, angka golput di Situbondo sebanyak 159 ribu 254 orang dari jumlah total pemilih 475 ribu 124 orang.  Sedangkan perolehan suara Gus Ipul sebanyak 172 ribu 048 suara atau 55, 46 persen. Perolehan suara Khofifah-Emil 138 ribu 174 suara atau 44,54 persen.

Dengan demikian, jumlah masyarakat Situbondo yang menggunakan hak pilihnya pada Pilgub 27 juni lalu mencapai  66,48 persen. Angka ini tak sesuai dengan target KPU yang mematok partisipasi masyarakat mencapai 72 persen.

Komisioner KPU Situbondo, Agus Tjahjono Basuki, mengakui tidak tercapainya  target partisipasi tersebut. Meski demikian, Agus mengaku bersyukur karena tingkat kehadiran masyarakat ke TPS 27 Juni lalu, masih lebih tinggi dibandingkan pelaksanaan Pilgub Jatim 5 tahun silam.

Agus menambahkan, tingkat partisipasi Pilgub ini akan jadi bahan evaluasi KPU Situbondo.  Pada pemilu tahun 2019 nanti, jangan sampai partisipasi masyarakat lebih rendah dari hasil Pilgub.

Agus mengaku, ada beberapa faktor kemungkinan jadi penyebab tidak tercapainya target partisipasi pemilih, diantaranya kurang optimalnya sosialisasi, atau karena kesadaran masyarakat sendiri yang masih rendah.

Selain itu kata Agus, jumlah suara tidak sah juga masih cukup banyak. Dari 310 ribu 222 pemilih ditemukan ada 5 ribu 648 suara tidak sah. Yang menarik lanjut Agus, dari 310 ribu 222 pemilih yang datang ke TPS, paling banyak pemilih perempuan, jumlahnya mencapai 174 ribu 055 atau 70,63 persen. Sedangkan pemilih laki-laki hanya 141 ribu 815 orang atau 62,01 persen.

ZAINI ZAIN

About Fareh Hariyanto

Check Also

Dankormar Tinjau Program Ketahanan Pangan di Puslatpurmar 5 Baluran

Radiobintangtenggara.com , Situbondo – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *