ASHADI SISWOYO - Koordinator PENGAWAS SMA SMK Kabupaten Banyuwangi

Koordinator Pengawas SMA/SMK Lakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Koordinator PENGAWAS SMA SMK Kabupaten Banyuwangi Pak ASHADI SISWOYO mengatakan. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di kabupaten Banyuwangi baru selesai, selanjutnya kegiatan awal siswa Kelas X baru adalah mengikuti kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) yang dilaksanakan bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah yaitu mulai Senin, 16 – 20 Juli 2018.

Berkenaan dengan hal tersebut cabang dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi menginstruksikan agar pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah mengacu pada Permendikbud No 18 tahun 2016.

Selain itu, juga Perpres 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK). Yang terpenting pada kegiatan MPLS tidak boleh ada unsur kekerasan, perpeloncoan, bullying, dll serta dilaksanakan dengan cara menyenangkan, inspiratif, kreatif dan edukatif.

Selanjutnya pelaksanaan MPLS sepenuhnya dikendalikan oleh Bapak/Ibu Guru, sedangkan siswa dari pengurus OSIS dan MPK bertugas sebagai pendamping dan sekadar membantu agar kegiatan MPLS berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 5 hari, dimulai upacara pembukaan serentak pada Senin, 16 Juli 2018. Adapun pelaksanaan tingkat Kabupaten Banyuwangi dipusatkan dilaksanakan di SMAN 1 Giri dan direncanakan yg bertindak sebagai pembina Upacara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Pelaksanaan MPLS mulai tahun ini bekerja sama dan bersinergi dengan unsur TNI POLRI yang bertugas sebagai narasumber/Instruktur MPLS yang terjadwal mengisi pada hari ke 2 – ke 4, dengan materi yang diambil Silabus MPLS yaitu materi Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Anti Radikalisme, Bina Disiplin (PPB),dan Kenakalan Remaja.

Adapun yang berkaitan dengan penguatan pendidikan karakter berupa Anti Korupsi, Anti Narkoba dan Anti Pornografi. Hari kelima adalah hari terakhir MPLS dan upacara penutupan dilaksanakan setelah sholat Jumat.

LISA ANDRIANI

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *