Proses pengeringan tembakau

Tali Rafia Sebabkan Tembakau Indonesia Ditolak Negara Pengimpor

Radiobintangtenggara.com, Jember – Tali rafia adalah benda asing yang menyebabkan rendahnya daya jual tembakau. Petani tembakau masih menggunakan tali rafia sebagai pengikat tembakau dalam proses pengolahannya. Akibatnya, ketika produk tembakau dipasarkan di luar negeri, tembakau Indonesia terancam tidak diterima.

Siti Andriati Widartien, Kepala UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Dan Lembaga Tembakau Jember, menerangkan, salah satu syarat tembakau dikatakan baik, apabila tidak ada benda asing pada tembakau tersebut. Contoh benda asing yang dimaksud diantaranya adalah tali rafia.

Siti menerangkan, bahan dari pembuatan tali rafia berasal dari plastik. Plastik jika sering digunakan akan berserabut. Dan serabut-serabut kecil itu kerap menempel pada daun tembakau, sehingga saat dibuat cerutu atau rokok kemudian diekspor ke negara lain terancam ditolak.

Pasalnya, tali rafia yang terdapat pada cerutu atau rokok akan ikut terbakar sehingga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit seperti kanker dan lain-lain. Oleh karena itu, para petani tembakau di Jember dihimbau untuk mengganti tali rafia dengan tali benang agar lebih aman.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *