Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Siap Jalankan Tugasnya, Calon Paskibraka Diserahterimakan Pada Para Pelatih

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Siap jalankan tugasnya sebagai calon anggota Paskibraka, sejumlah siswa terlihat khidmat mengikuti upacara serah terima dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi terhadap  para pelatih Paskibraka yang terdiri dari unsur gabungan TNI/Polri, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Upacara serah terima tersebut digelar Kamis (31/7) di Hotel Tanjung Asri, Banyuwangi.

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko yang turut menyaksikan serah terima yang dilakukan di Hotel Tanjung Asri tersebut menyatakan rasa bangganya.

“Selamat bagi kalian semua. Kalian adalah anak-anak terpilih yang membanggakan. Membanggakan  bagi Banyuwangi, orang tua, guru, sekolah, dan diri kalian sendiri. Gunakan kesempatan ini dengan baik dan tunjukkan kalian mampu memberikan yang terbaik,” kata Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kepala Dispora Banyuwangi, Wawan Yadmadi, kepesertaan calon paskibraka tahun ini lebih beragam. Tak hanya didominasi oleh sekolah negeri saja, tetapi juga sekolah swasta. Selain itu, Wawan juga memastikan, para peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Banyuwangi, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai paskibraka,  akan dijadikan duta di masing-masing wilayahnya.

“Setelah paskibraka selesai, mereka akan kami jadikan duta di tiap-tiap kecamatan. Seperti duta wisata, duta anti narkoba, dan duta percontohan lainnya di masing-masing wilayah,” ujar Wawan.

Wawan menyebutkan, seleksi paskibraka kali ini meloloskan  74 peserta. Hanya saja karena sesuatu hal, tersisa 73 peserta yang akan bertugas saat upacara kemerdekaan 17 Agustus nanti.

“Sebenarnya terdapat 74 orang yang berhasil lolos. Hanya saja kemudian, satu orang siswa mengalami kecelakaan hingga kehilangan nyawa. Kami tidak mengganti posisinya dengan yang lain. 73 orang cukup,” tandas Wawan.

Wawan menambahkan, selain 73 siswa yang terpilih ini, Banyuwangi juga mempunyai  kebanggaan lainnya. Ananda Mikola, siswa SMK 17 Agustus 1945 Cluring terpilih sebagai duta paskibraka tingkat nasional. Dia akan menjalani latihan resmi di Cibubur mulai 2 Agustus mendatang.

Selain itu, terpilih pula dua siswa asal Banyuwangi yang juga terpilih sebagai duta paskibraka tingkat provinsi. Mereka merupakan siswa asal SMAN 1 Pesanggaran dan SMK Mambaul Huda Tegalsari.

Usai serah terima ini, ke-73 siswa tersebut akan menjalani pelatihan selama  2 minggu ke depan hingga bertugas pada 17 Agustus mendatang.

WIDHI NURMAHMUDY

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *