Didit Noordiatmoko, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Menpan-RB

Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Jember Berpredikat CC

Radiobintangtenggara.com, Jember – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia menilai tata kelola kabupaten Jember kurang baik. Pasalnya, saat ini Kabupaten Jember mendapat predikat CC dalam penilaian tata kelola pemerintahan.

Didit Noordiatmoko, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Menpan-RB menjelaskan, dalam beberapa indikator Kabupaten Jember dinilai baik, namun dari sisi tata kelola pemerintahan tidak baik. Hal tersebut dikarenakan hasil dari sistem pemerintahan tidak berorientasi pada masyarakat.

Didit menerangkan, indikator bagus dapat dihasilkan dari beberapa faktor  seperti dari masyarakatnya yang sudah baik atau pun kinerja Bupati atau beberapa orang, tetapi bukan dari sistem pemerintahannya. Dalam merumuskan kinerja, Pemkab Jember dinilai masih tidak berorientasi pada masyarakat, seperti dalam  penggunaan anggarannya masih belum tepat sasaran.

Didit melanjutkan, dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur, Kabupaten Jember masuk lima besar kategori Kabupaten yang tidak baik dalam tata kelola pemerintahan. Kabupaten Jember mendapat predikat CC dengan nilai 58. Sedangkan Kabupaten yang memperoleh penilaian baik  antara lain Kabupaten Banyuwangi yang berhasil meraih predikat A, Malang dengan predikat BB, Tulung Agung BB dan Ngawi BB.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jember, Faida mengatakan, dengan hasil penilaian ini, seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus ditingkatkan sehingga semua harus bergerak. Faida menargetkan, tahun depan Kabupaten Jember harus mampu meraih predikat B dengan standar penilaian 75.

SUPIANIK

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *