Pemasangan EWS Puting Beliung bentuk kesiapsiagaan dini masyarakat menghadapi bencana. (Foto. Supianik)

Deteksi Dini Bencana, UNEJ Pasang Detektor Angin Puting Beliung

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Peneliti dari Fakultas Tenik Universitas Jember memasang alat peringatan dini atau Early Warning System (EWS) puting beliung. Alat ini dipasang  di Jalan Tidar Kecamatan Sumbersari, Jember, pada Rabu 12 Desember 2018.

Pemasangan alat itu sebagai bentuk kesiapsiagaan dini masyarakat agar terhindar dari bencana. Salah seorang peneliti Unej Yanuar Feri Irawan mengatakan, detektor angin puting beliung dipasang pada sebuah alat yakni animometer.

“Fungsi alat ini sebagai pendekteksi kecepatan angin,” katanya.

Cara kerjanya, lanjut Yanuar, tekanan angin yang diterima animometer tersebut dialirkan ke detektor dan panel lainnya untuk dihitung kecepatannya. Bila melebihi batas yang diberikan maka sirine akan berbunyi.

Ia menjelaskan, batas  tekanan angin pada alat detektor 15 meter perdetik atau 35 km/jam. Saat tekanan angin telah mencapai angka tersebut, maka sirine yang terpasang dibadan panel akan berbunyi.

Sirine yang berbunyi itu menandakan adanya angin kencang sebelum terjadi puting beliung. Jarak antara bunyi sirine dengan puting beliung yang akan terjadi sekitar 1 km.

“Sehingga, masih ada waktu sekitar 10 hingga 15 menit bagi masyarakat untuk bersiap menghadapi puting beliung,” ujarnya.

Menurut Yanuar, pengerjaan alat ini memakan waktu 3 bulan dan membutuhkan biaya sekitar Rp11 juta per alat. Perawatan dari alat itu sangat mudah. Cukup dengan menjaga agar detektor didalam box tidak rusak atau hilang saja.

Selain itu, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bencana angin puting beliung, pihaknya, telah memberikan sosialisasi dan memberikan brosur tentang tanda-tanda puting beliung dan bagaimana menyelamatkan diri.

Supianik 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *