Kapolsek Sumberbaru AKP Subagyo menunjukkan lokasi longsor yang memutus akses jalan Jember-Probolinggo. (Foto. Supianik)

Hujan Seharian Akses Jember-Probolinggo Terputus

Radiobintangtenggara, JEMBER – Tanah longsor memutus jalan penghubung Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember dengan Desa Andosari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Senin (10/12) malam.

Sampai saat ini jalan yang dirusak longsor tersebut masih tidak bisa dilewati karena tergerus arus sungai Lantong yang debitnya meninggi.  Kapolsek Sumberbaru, AKP Subagyo mengatakan, sementara jalur yang dirusak longsor tersebut ditutup memakai kayu sengon supaya tidak dilewati warga.

“Akses jalan tidak bisa dilewati pejalan kaki, apalagi kendaraan. Kami juga imbau warga berhati-hati tidak mendekati titik longsor tersebut karena berada di dekat sungai,” kata Subagyo, Rabu (12/12)

Tidak hanya longsor, hujan deras juga membuat tiga rumah terendam air. Bahkan tiga kepala keluarga itu mengungsi sebagai bentuk antisipasi keselamatan.

Rumah yang terendam air adalah milik keluarga Tamam (58), Umar (78), dan Pak Lut (68). Keluarga Tamam dan Umam sempat mengungsi ke rumah sudara mereka. Sedangkan Pak Lut seorang diri mengungsi di Balai Desa Jambesari. Banjir juga merendam tanaman di areal puluhan hektare di desa tersebut.

Banjir dan longsor itu terjadi setelah desa tersebut diguyur hujan sejak Senin (10/12) siang hingga Selasa (11/12) dini hari pukul 03.00 Wib. Air Sungai Lantong yang melintasi desa setempat mulai naik sekitar pukul 22.00 WIB. Warga yang rumahnya terendam sempat mengungsi.

Supianik

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *