Beranda News Banyuwangi Cegah Kejadian Laka Laut, Satpolair Polres Banyuwangi Tingkatkan Patroli

Cegah Kejadian Laka Laut, Satpolair Polres Banyuwangi Tingkatkan Patroli

60
0
Kasat Polair Polres Banyuwangi, AKP Subandi (Dua dari Kiri) saat melakukan patroli laut diwilayah perairan Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Patroli di wilayah Perairan Banyuwangi semakin ditingkatkan oleh Jajaran Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Banyuwangi. Selain mengantisipasi tindak kriminalitas di wilayah perairan, patrol itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut, khususnya aktivitas penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

“Patroli laut kami tingkatkan, apalagi saat ini kondisi cuaca sedang tidak baik, gelombang tinggi kapan saja bisa terjadi,” terang Kasat Polair Polres Banyuwangi, AKP Subandi saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Selasa, (25/12/2018).

Pihaknya selalu mengimbau baik motoris speed, nelayan dan wisatawan yang melaksanakan aktifitas disekitaran perairan untuk lebih waspada dan berhati-hati. Selain itu, lanjut Subandi, ia terus mengupayakan dengan memberikan himbauan di kawasan Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Tanjung Wangi serta Destinasi Wisata Pantai  terkait kewaspadaan selama berada di laut.

“Pemakaian life jacket jadi kewajiban yang diutamakan bagi penumpang speed boat atau wahana wisata air lainnya,” ujarnya.

Disinggung soal pengamanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru), Subandi memastikan jajaran Satpolair Polres Banyuwangi ikut dilibatkan. Pihaknya sudah menyiapkan agenda untuk terus melakukan patroli laut termasuk pada Selasa, (25/12/2018) pagi akan menyusuri diwilayah Selat Bali dan Utara Perairan Banyuwangi dimulai dari Pantai Bangsring  Wongsorejo Banyuwangi.

Sedangkan lokasi lainnya seperti Pantai Pulau Merah, Pantai Teluk Ijo diwilayah Selatan Banyuwangi sambung dia, sudah dilakukan sehari sebelumnya. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola wisata untuk melakukan pengawasan disana. “Kami sudah koordinasi dengan instansi lain untuk bersama-sama melakukan pengawasan,” imbuh dia.

Satpolair berharap dengan sinergi tersebut orang tenggelam maupun laka laut bisa diantisipasi terlebih dulu. Mengingat dalam pelaksanaan patrol. Ia bersama anggotanya  menggunakan speed boat untuk mamantau keamanan di perairan serta menyambangi kapal-kapal nelayan yang sedang lego jangkar di wilayah perairan Banyuwangi.

Fareh Yusuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here