Beranda News Jember Tingkat Pengangguran di Kabupaten Jember Tahun 2018 Turun 1,07 Poin

Tingkat Pengangguran di Kabupaten Jember Tahun 2018 Turun 1,07 Poin

30
0
Asisten II Pemkab Jember (kiri) dan Kepala BPS Jember Indria Purwaningsih (tengah) saat rilis keadaan ketenagakerjaan Kabupaten Jember. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember, di Tahun 2018 penduduk yang bekerja mencapai 1,22 juta orang, sisanya sekitar 52 ribu orang masih menganggur. Angka pengangguraan ini turun sebesar 1,07 poin menjadi 4,09 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 5,16 persen.

Kepala BPS Jember, Indria Purwaningsih menjelaskan, keadaan ketenagakerjaan kabupaten Jember menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2017. Hal ini dikarenakan adanya penurunan jumlah pengangguran serta pergeseran struktur kegiatan penduduk.

Indria menerangkan, jumlah angkatan kerja di Kabupaten Jember tahun 2018 sebesar 1,27 juta orang, berkurang sekitar 4.500 orang dibandingkan keadaan tahun 2017.

Sektor agrikultur seperti pertanian, kehutanan, perburuan dan perikanan menjadi penyumbang terbesar penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Jember yakni sebesar 42,9 persen. “Sementara sektor jasa sebesar 35,9 persen dan sisanya sektor industri,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Jember Edy Budi Susilo menerangkan, turunnya angka pengangguran di Kabupaten Jember ini juga dipengaruhi kebijakan yang diambil Pemerintah Daerah.

Seperti Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Tenaga Kerja Lokal. Dengan Perda ini Pemkab Jember bisa meminta kepada investor yang akan membuka perusahaan di Jember agar memperkerjakan  warga lokal.

“Kami mencontohkan, pusat perbelanjaan yang baru buka di Jember baru-baru ini mampu memperkerjakan lebih dari 800 orang warga Jember,” ujarnya.

SUPIANIK 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here