Beranda News Jember Pemilih DPTb Kabupaten Jember, Mayoritas Penghuni Lapas

Pemilih DPTb Kabupaten Jember, Mayoritas Penghuni Lapas

39
0
Komisioner KPU Jember Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rima Diana Puspita. (Foto. Supianik)

Radiobintangtengara.com, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember terus melakukan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk pemutakhiran data pemilih. Berdasarkan data, per tanggal 20 Desember 2018, sebanyak 751 pemilih di Kabupaten Jember terdaftar sebagai DPTb.

Komisioner KPU Jember Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rima Diana Puspita menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan penyusunan DPTb. Ini peruntukan bagi masyarakat yang pada saat hari pemungutan suara tidak berada di TPS yang ditentukan.

Rima menerangkan, saat ini telah terdaftar sebanyak 751 pemilih dengan rincian 711 laki-laki dan 40 perempuan yang tersebar di 31 kecamatan, 201 kelurahan dan 201 TPS. Dari jumlah ini, 90 persen adalah para penghuni Lapas kelas II A Jember.

“Sementara untuk masyarakat umum, belum banyak yang mengurus DPTb,” katanya.

Menurut Rima, kendala KPU Jember dalam melakukan penyusunan DPTb salah satunya karena masyarakat masih acuh tak acuh atau belum mempunyai rencana pindah pilih.

Rima mencontohkan di Rumah Sakit, para dokter dan tenaga medis belum bisa dipastikan siapa yang akan piket di saat hari H pencoblosan nanti, begitupun dari pasien dan keluarga pasien sendiri.

” Hal inilah yang menyebabkan tidak bisa dilakukan pendataan sejak dini,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi mengenai kendala ini untuk meminta petunjuk teknisnya. Rima berharap, masyarakat yang bekerja di luar kota atau luar daerah tempatnya memlilih, atau para pelajar dan santri yang ada di luar kota segera mengurus pindah pilih.

Sehingga yang bersangkutan harus mendatangi panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU untuk mengurus surat pindah pilih atau form A5. Jika tidak, secara otomatis pemilih ini tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

SUPIANIK 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here