Kondisi peningkatan debit air di Jembatan Sungai Garit Desa Alasmalang Singojuruh Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

Intensitas Hujan Meningkat, Debit Air di Jembatan Garit Sempat Naik

Radiobintangtenggara.com, SINGOJURUH – Peningkatan debit air di Sungai wilayah Desa Alasmalang Singonjuruh sempat membuat warga panik. Pun begitu data terbaru disekitaran Jembatan Garit Desa Alasmalang debit air sudah mengalam penurunan. Senin, (14/01/2019)

Nanang Hariadi, Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyampaikan jika curah hujan diwilayah Songgon memang sempat meningkat. Sehingga berakibat pada peningkatan volume air di wilayah Desa Alasmalang.

Menurut Nanang, sekitar pukul 15.30 WIB hujan mulai mengguyur kawasan Sungai Badeng. “Meski sempat meninggi namun petang hari sudah kembali normal,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi.

Nanang menambahkan pihaknya juga sempat berkoordinasi guna menyiagakan alat berat pasca intensitas hujan yang meningkat di wilayah Songgon. Hal itu dilakukan agar kejadian meluapnya sungai pada medio 2018 lalu tidak terulang kembali.

Namun petang hari, lanjut Nanang. volume air disekitaran lokasi terpantau mengalami penurunan. Punbegitu pihak BPBD akan terus melakukan pemantauan guna memastikan keamanan diwilayah hilir Sungai Badeng.

“Agar masyarakat tidak was-was meski volume air sempat meningkat,” ujarnya.

Sementara itu akibat intensitas hujan yang tinggi beberapa wilayah sempat terendam air termasuk di Dusun Banje Desa Bubuk Kecamatan  Rogojampi Banyuwangi.

BPBD menghimbau masyarakat untuk tetap waspada namun tidak perlu panik  saat terjadi peningkatan volume air di Desa Alasmalang. Pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait.

Ferika Sandra

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *