Kunjungan Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) Banyuwangi, kunjungi tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). (Foto. Isitimewa)

Pabdesi Banyuwangi, Kunjungi Tambang Emas PT Bumi Suksesindo

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) Banyuwangi, kunjungi tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Selain untuk melihat dari dekat proses tambang, kegiatan ini juga sebagai rangkaian touring motor Suzuki Thunder plat merah inventaris Kepala Desa (Kades).

Begitu memasuki area kantor PT BSI rombongan langsung mendapat sambutan hangat dari jajaran External Affairs PT BSI. Usai ramah tamah, mereka diajak mendengarkan presentasi tentang tambang terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Selanjutnya, tibalah waktu yang para perangkat desa nantikan, tour ke lokasi tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Menggunakan alat safety lengkap, mereka mengelilingi lokasi dengan bus khusus.

Selama tour, anggota Pabdesi Banyuwangi, diberi penjelasan detil mengenai proses tambang. Sekaligus ditunjukan lokasi proses yang dimaksud.

“Wah, ternyata Banyuwangi, memang benar-benar kaya,” ucap salah satu perangkat desa, Sabtu (19/1) kemarin.

Ketua Pabdesi Banyuwangi, Ahmad Mura’i menjelaskan, kunjungan ke PT BSI adalah bentuk kepedulian perangkat desa pada program pemerintah daerah. Sekaligus sebagai wujud dukungan terhadap investasi yang bermanfaat pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai inovasi yang didorong oleh Bupati Anas, tujuanya untuk kemajuan serta menciptakan iklim investasi yang baik, kami pun demikian, bagi kami investasi harus mampu membawa manfaat,” terang Kades Gumirih, Kecamatan Singojuruh ini.

Selaku pemangku wilayah, Kades Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, Vivin Agustin, mengakui bahwa keberadaan PT BSI telah mendorong percepatan pembangunan diwilayahnya. Bukan hanya dibidang infrastuktur, namun juga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dalam perbaikan jalan dan normalisasi sungai, kita dibantu tujuh alat berat sekaligus biaya operasional oleh PT BSI, warga kami juga mendapat bantuan ternak bergulir,” ucapnya.

Sementara itu, Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono, mengaku senang telah dikunjungi anggota Pabdesi Banyuwangi. Terlebih ditahun 2019 ini, PT BSI melalui CSR, berkomitmen akan mendorong penguatan peran Kades dalam percepatan pembangunan ditingkat desa.

“Kami sangat menyambut baik, kebetulan para pengurus juga sudah akrab. Jadi momentum ini kami harap mampu menguatkan hubungan perusahaan dengan pemerintah desa,” ungkapnya.

Dengan hubungan baik yang terjalin, lanjut Sudarmono, diyakini akan berimbas positif pada kondusifitas iklim investasi. Selanjutnya, tentu yang akan terjadi adalah peningkatan sektor ekonomi. Terutama ekonomi mikro.

“Dan tour area tambang adalah wujud keterbukaan kami atas informasi proses pertambangan,” pungkas Sudarmono. (Adv/BSI)

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *