Kondisi Pohon Tumbang yang Terjadi di wilayah Jember Sempat melumpuhkan Jalur Poros Provinsi. (Foto. Istimewa)

Angin Kencang Melanda, Pohon Tumbang Dimana-mana

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Selain terjadi di Banyuwangi dan Bali, dampak cuaca ekstrim juga terdeteksi diwilayah Jember. Bahkan dibeberapa jalan protokol di Kabupaten Jember sempat terhambat imbas adanya pohon tumbang yang menghambat akses bagi pengguna jalan di Jember. Kamis, (24/01/2019).

Heru Widagdo Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengatakan dampak hujan yang mengguyur disertai angin kencang  terjadi di kawasan Jember dan sekitarnya, membuat pohon tumbang dibeberapa lokasi.

Berdasarkan data BPBD lokasi pohon tumbang terjadi di lima lokasi yang berbeda. Pertama, di Jalan PB Sudirman, Desa Pakusari Kecamatan Pakusari. Lalu Jalan Sumatera di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari. Ketiga, Jalan wisata Rembangan di Desa Kemuninglor, Arjasa, Jalan Dharmawangsa depan pintu masuk Terminal Tawangalun di Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji serta di Jalan Mastrip di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang ini,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Kamis, (24/01/2019).

Namun, lanjut Heru ada laporan jika di salah satu rumah warga ada yang mengalami kerusakan karena tertimpa pohon. Selain itu juga laporan ikhwal arus lalu lintas yang terganggu disekitaran lokasi kejadian. Pihaknya menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

Hal tersebut dikarenakan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan peringatan dini terkait dengan hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang diprediksi terjadi untuk beberapa hari kedepan.

“Warga juga bisa meminimalisir dampak dengan melakukan perempesan dahan pohon yang dikhawatirkan tumbang disekitar tempat tinggal masing-masing,” ujarnya.

Sultonisyah

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *