Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 115 saat bersandar di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

Cuaca Membaik, KM Sabuk Nusantara Kembali Berlayar

Radiobintangtenggara.com, KALIPURO – Ikhwal cuaca buruk disertai dengan angin kencang di perairan selat Bali dan Perairan Utara Jawa khususnya di wilayah perairan Masalembo sudah kembali normal sejak Rabu, 30 Januari 2019.

Ade Sucipto, Koordinator Embarkasi Debarkasi Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungwangi mengatakan Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara (SN) 56 diberangkatkan pada Rabu kemarin sekitar pukul 16.00 WIB dengan 242 orang penumpang dan tiba di Pelabuhan Sapeken sekira pukul 06.00 WIB.

“Sementara kapal dari Pelabuhan Sapeken menuju Tanjungwangi Banyuwangi yakni Sabuk Nusantara 115 tiba di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi sekira pukul 04.19 dengan 183 penumpang,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi.

Menurut Ade dalam keadaan normal, kedua kapal itu akan menyebrang melewati Selat Jawa dengan waktu pelayaran 12 jam. Sementara jumlah normal penumpang yang bisa diangkut oleh masing-masing kapal adalah 285 orang. Ia mengatakan, saat ini jumlah penumpang yang masih menunggu di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi sudah tidak nampak.

Rencananya KM Sabuk Nusantara 115 akan kembali berlayar menuju Sapeken Madura pada Jum’at, (01/02/2019). Sejauh ini upaya yang telah dilakukan oleh Syahbandar Tanjungwangi Banyuwangi selain memantau melalui BMKG, juga akan terus menghubungi Syahbandar dipulau-pulau serta kapal-kapal besar yang berlayar untuk mengetahui prakiraan cuaca.

“Kami akan terus memantau untuk perkembangan pelayaran demi menjamin keselamatan penumpang,” ujanya.

Fareh Yusuf

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *