Salah satu lokasi Blue Fire di Kawah Ijen Gumitir yang jadi Primadona wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi. (Foto. Repro)

Mulai Maret, TWA Ijen Mulai Berlakukan Penutupan Sebulan Sekali

Radiobintangtenggara.com, LICIN – Pengembalian ekosistem hutan di Taman Wisata Alam (TWA) Ijen dilakukan upaya penutupan setiap satu hari disetiap bulannya. Untuk sementara penutupan destinasi wisata di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso hanya dalam tahap sosialisasi.

Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Ijen Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Sigit Ariwibowo mengatakan pihaknya sudah memulai sosialisai sejak bulan Desember 2018 lalu. Rencananya akan segera diberlakukan penuh bulan maret mendatang.

“Bulan Januari hingga Februari kami belum berlakukan secara masif,” katanya.

Selain itu, lanjut Sigit, BKSDA Wilayah V Banyuwangi juga memasang papan imbauan di sekitar gerbang masuk menuju kawah Ijen. Guna menginformasikan imbauan tersebut ke pelaku jasa pariwisata.

Pantauan  di lapangan, beberapa spanduk imbauan penutupan terpampang di area Paltuding, Ijen. Imbauan penutupan setiap hari jum’at diawal bulan terpampang dari pintu masuk dari Banyuwangi maupun Bondowoso.

Sigit menambahkan tak hanya imbauan, pihaknya juga memberikan informasi berbagai platform aplikasi kepada penyedia jasa, seperti pemilik hotel, homestay dan lainnya.

“Harapan kami, pada bulan Maret sudah bisa dilakukan penutupan sepenuhnya,” ujarnya.

Fareh Yusuf

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *