Proses penyerahan jenazah Yeni Astuti (40) Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Dusun Komis Kulon Desa Wonosobo Srono, meninggal dunia di Taiwan. (Foto. Istimewa)

Meninggal di Taiwan, Jenazah BMI Asal Srono Dipulangkan

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Lembaga swadaya masyarakat Buruh Migrant Banyuwangi (Bumiwangi) terus mengupayakan kepulangan seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Dusun Komis Kulon RT 04 RW 10 Desa Wonosobo Srono, Yeni Astuti (40) meninggal dunia di Taiwan. Rabu, (12/12/2019) waktu setempat.

Hingga akhirnya pada Jum’at 01 Februari 2019 korban berhasil dipulangkan dan tiba dirumah duga dikawasan Srono Banyuwangi, Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mariatul Qibtiyah Ketua Buruh Migrant Banyuwangi saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara. Jum’at, (01/02/2019) sekira pukul 07.06 WIB.

Mariatul mengatakan berkat kerjasama dengan seuruh pemangku kebijakan pihaknya akhirnya dapat melakukan upayakan pemulangan jenazah korban dengan sebelumnya berkoordinasi oleh pihak Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan serta pihak Kementrian Luar Negeri.

“Pemulangan korban memang sempat ada kendala karena statunya overstay,” katanya.

Menurut Maria sejatinya korban sudah ditangani pihak KDEI Taiwan selang beberapa hari kejadian korban, guna memudahkan dalam proses pemulangan ketanah air. Namun karena berbagai hal hingga akhirnya harus tertunda hingga dua bulan lamnya.

Mariatul menambahkan  pihaknya juga melibatkan Subdit Pemulangan Direktorat Pemberdayaan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang bersinergi dengan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) guna membantu kepulangan Yeni Astuti (40).

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasar keterangan dari teman korban, Yeni Astuti (40) sebelum meninggal ia memang tinggal dirumah temannya. Korban meninggal, saat itu akan mandi dan entah bagaimana korban telah ditemukan meninggal. Dugaan kala itu korban meninggal karena tersengat aliran listrik saat mandi.

“Meski sudah sampai ditanah air, saat ini pihak keluarga masih dirundung duka mendalam akibat insiden itu,” ujarnya.

Mariatul menuturkan pemulangan Pekerja Migran Indonesia baik sakit, bermasalah, maupun meninggal dunia merupakan salah satu fungsi dari pelayanan perlindungan yang harus dijalankan oleh setiap BP3TKI di daerah. Pihaknya mengapresiasi karena seluruh kepulangan jenazah korban sudah ditanggung oleh pemerintahan.

Fareh Yusuf

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *