Beranda News Jember Curah Hujan Tinggi, Tiga Rumah di Jember Terdampak Tanah Longsor

Curah Hujan Tinggi, Tiga Rumah di Jember Terdampak Tanah Longsor

17
0
Anggota BPBD Jember saat mengecek ke lokasi rumah terdampak matrial longsor di Kecamatan Arjasa Jember. (Foto. Istimewa)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Tiga rumah warga di Desa Kemuning lor, Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, Jawa Timur tertimpa tanah longsor di dua lokasi yang berbeda. Longsor terjadi setelah wilayah tersebut terus diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir.

Heru Widagdo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara menyampaikan jika hujan deras yang mengguyur wilayah Jember, membuat tiga rumah mengalami kerusakan.

Hal itu dikarenakan tiga rumah tersebut tertimpa matrial tanah longsor, pada Sabtu (09/02/2019) pagi. “Lokasi terdampak insiden ini berada di dua titik Desa Kemuning lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember,” katanya.

Pihak BPBD, lanjut Heru melakukan pembersihan puing rumah yang mengalami kerusakan sebagai upaya untuk membantu proses evakuasi terhadap korban terdampak. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tanah longsor itu.

Selain itu, untuk sementara waktu pihak BPBD melakukan penutupan retakan tanah menggunakan terpal. Hal tersebut dilakukan agar air hujan yang mengguyur kawasan setempat tidak mengikis tanah dan untuk meminimalisir resiko longsor susulan.

Heru menjelaskan, lokasi kejadian memang berada di area tebing, sehingga retakan mengalami  longsoran. “Terlebih saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Jember dan sekitarnya,” ujarnya.

Ia menambahkan pihak BPBD  menghimbau kepada warga setempat agar meningkatkan kewaspadaan dan selalu siaga saat hujan deras mengguyur, karena kawasan tersebut masih berpotensi terjadi longsor.

Sulton Syah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here