Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wilayah Jember, Lutfi Isa Anshori. (Foto. SUPIANIK)

Persiapan UNBK SMA/Sederajat di Jember Sudah 100 Persen

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur sudah melakukan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi Sekolah Menegah Atas dan sederajat. Persiapan yang dilakukan diklaim sudah mencapai seratus persen. Saat ini fokus pelaksanaan UNBK dari sisi akademis saja, karena dari segi infrastruktur sudah tidak ada masalah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wilayah Jember, Lutfi Isa Anshori menjelaskan, pelaksanaan UNBK SMA atau SMK sudah dalam tahap uji coba. Untuk jadwal  UNBK SMK  akan dilaksanakan tanggal 25 sampai 28 Maret 2019. Sedangkan  UNBK SMA atau MA akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 8 April 2019.

“Perbedaan waktu pelaksanaan ini karena adanya  Pemilu Presiden dan Pemilu legislatif yang juga akan digelar pada bulan April 2019,” katanya.

Lutfi menerangkan, sejauh ini untuk persiapan UNBK sudah tidak ada masalah, karena pihaknya sudah melakukan verifikasi sekolah mana saja yang menjadi penyelenggaran UNBK dan sekolah mana yang menumpang. Berdasarkan data hasil verifikasi, sebanyak 322 SMA dan sederajat di kabupaten Jember mengikuti UNBK tahun ini. Adapun rinciannya, sebanyak 222 sekolah sebagai penyelenggara UNBK dan 35 sekolah  menumpang.

Lebih lanjut, Lutfi menyampaikan, untuk soal dalam UNBK nanti, seratus persen dibuat oleh Pusat. Sedangkan untuk soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang juga menjadi salah satu penentu kelulusan siswa, dibuat oleh masing-masing guru di satuan pendidikan. Oleh karena itu, pihaknya berharap, pihak sekolah mengacu pada kisi-kisi dari HOTS (Higher Order Thinking Skills).

“Tahun 2019 ini adalah pertama kalinya, Kabupaten Jember melaksanakan UASBN berbasis komputer dan smartfone,” ujarnya.

SUPIANIK 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *