Beranda News Jember Basarnas Jember Bersihkan Menara dan Kubah Masjid Baitul Amin

Basarnas Jember Bersihkan Menara dan Kubah Masjid Baitul Amin

44
0
Pembersihan menara Masjid Jami' Baitul Amin Jember oleh anggota Basarnas dan Relawan Jember. (Foto. Supianik)

Radiobintangenggara.com, JEMBER – Ada pemandangan berbeda di Masjid Jami’ Baitul Amin Jember. Selasa pagi  puluhan petugas berseragam  orange berkumpul di masjid yang berlokasi di barat Alun-alun Kota Jember itu.

Petugas tersebut membersihkan menara dan kubah masjid yang menjadi ikon Kota Jember Jawa Timur. Satu tim terlihat membersihkan menara masjid yang tingginya mencapai 40 meter.

Sementara tim lainnya membersihkan kubah. Dengan menggunakan peralatan keselamatan yang terpasang, mereka naik ke dinding menara atau kubah menggunakan teknik naik turun atau dikenal dengan Mechanical Accent Descent.

Koordinator Pos Basarnas Jember, Asnawi Suroso menjelaskan kegiatan ini adalah bentuk aksi kemanusiaan yang dilakukan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas)  Jember, dalam rangka merayakan HUT Basarnas ke-47 tahun 2019 ini.

“Kegiatan pembersihan menara dan kubah Masjid Baitul Amin ini juga yang pertama kali Basarnas Jember lakukan,” katanya.

Asnawi menerangkan, kegiatan itu terbilang cukup berbahaya dan membutuhkan peralatan dan teknis khusus karena berada di ketinggian, sehingga tidak semua orang dapat melakukannya.

Selain puluhan petugas Basarnas Jember, aksi sosial itu juga melibatkan BPBD Jember dan puluhan relawan dari komunitas Pecinta Alam Jember.

“Kami cukup mengapresiasi bantuan dari relawan dan komunitas di Jember,” ujarnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here