Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik Zen Kostolani dan Kusiyadi sebagai Kepala Dinas Baru. (Foto. Istimewa)

Awal Bulan, Bupati Banyuwangi Lantik Dua Kadis Baru

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik Zen Kostolani sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPP- KB) dan Kusiyadi sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Bersama Zen turut dilantik pula 19 pejabat struktural lainnya di lingkungan Pemkab Banyuwangi yang digelar di Banywuangi, Jumat (01/03/2019).

Zen Kostolani sebelumnya adalah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), sementara Kusiyadi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan. Pejabat lain yang dilantik Sigit Harijanto sebagai Camat Tegaldlimo karena pejabat sebelumnya telah memasuki masa purna tugas.

Dikatakan Bupati Anas, pihaknya segera melakukan pengisian kekosongan jabatan Kepala DPP KB akibat pejabat sebelumnya telah pensiun, karena sektor ini masuk dalam target pembangunan milenium (Millenium Development Goals – MDGs).

“Kenapa saya utamakan sektor pemberdayaan perempuan? Karena fondasi pembangunan, diawali dari perbaikan SDM yang dimulai dari usia balita dan juga para perempuan yang berperan besar dalam mendidik generasi muda. Ke depan, saya berharap bidang ini jauh lebih dahsyat. Permberdayaan perempuan bisa dilakukan berkolaborasi dengan SKPD lainnya,” kata Anas usai melantik pejabat.

Anas juga menjelaskan alasan penempatan Zen di posisi tersebut. Zen adalah kader KB dan sebagai Plt DPMD pastinya sudah sering bekerja sama dengan kepala desa dan camat. “Harapan kita dengan Pak Zen di posisi ini, kolaborasi dengan pihak kecamatan dan desa untuk program-program pemberdayaan perempuan dan masalah KB bisa lebih lincah,” kata Anas.

Terkait Camat Tegaldlimo, Anas menitipkan pesan khusus tentang penanganan destinasi TN Alas Purwo. Menurut Anas, dengan makin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Alas Purwo, perlu mulai dilakukan langkah-langkah strategis terkait pengembangan taman nasional yang telah ditetapkan sebagai Geopark nasional ini.

“TN Alas Purwo harus tetap dijaga pengembangannya, meski akses ke arah sana sudah mulai mudah. Lingkungan di sana harus dijaga, masyarakat perlu sering diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik. Jangan sampai sampah, khususnya yang anorganik ini mengotori lingkungan Alas Purwo. Perlu dipikirkan langkahnya dari sekarang,” kata Anas.

Pada kesemaptan ini, Anas melakukan mutasi pejabat yang dimulai pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) sebanyak dua orang, administrator (eselon III ) 4 orang dan pejabat pengawas (eselon IV) 15 orang.

SULTON SYAH

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *