Beranda News Jember Bawaslu Tekankan Politik Uang Bisa Mendiskualifikasi Peserta Pemilu

Bawaslu Tekankan Politik Uang Bisa Mendiskualifikasi Peserta Pemilu

19
0
Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur Mohammad Amin. (Foto. Supianik)

Radiobintanngtenggara.com, JEMBER – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur terus melakukan pengawasan pada setiap tahapan Pemilu tahun 2019 ini. Oleh karena itu, pihaknya juga berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan ini.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur Mohammad Amin saat kunjungannya ke Jember menjelaskan, selain melakukan pengawasan, pihaknya juga berharap masyarakat bisa ikut serta dalam pengawasan di setiap tahapan Pemilu.

“Khusus masalah politik uang atau money politic yang terjadi di masa kampanye ini kami akan serius menanganinya,” kata Amin saat dikonfirmasi Bintang Tenggara.

Amin menerangkan, dengan banyaknya kerawanan pemilu membuat pihaknya terus melakukan berbagai kiat pencegahan. Seperti dengan memberikan perlakuan khusus dengan strategi pengawasan yang berbeda.

Menurut Amin, money politic adalah isu pelanggaran pemilu yang cukup sulit untuk dilakukan upaya pencegahan, karena keterbatasan alat bukti formil maupun materiil.

“Meski demikian kami bersama jajaran di bawahnya sepakat untuk tetap melakukan penindakan atas pelanggaran ini,” ujarnya.

Tim sukses maupun peserta pemilu yang terbukti melakukan tindakan money politic dapat dikenai sanksi pidana. Selain itu, peserta pemilu juga bisa mendapatkan diskualifkasi apabila tindakan money politic-nya terbukti dilakukan secara terstruktur dan masif  walaupun yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai pemenang.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here