Longsor

Pencarian Korban Hilang Tertimbun Longsor Di Puger – Jember, Terkendala Tidak Adanya Operator Alat Berat

Radiobintangtenggara.com, Jember – Senin (25/3/2019)  sekitar pukul 07.45 WIB terjadi longsor di area pertambangan mangan milik CV Kartika Candra, di Dusun Gedangan, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger. Akibat longsor tersebut, sekitar 6 unit kendaraan bermotor tertimbun material longsor, 2 orang mengalami luka-luka, dan satu orang dinyatakan hilang .

Rezha Pratama, Anggota Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Jember menerangkan, hingga Senin sore beberapa kali longsor susulan masih terjadi di lokasi. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, pihak berwenang telah melakukan sterilisasi di sekitar area longsor.  Namun sejumlah truk pengangkut  material tambang masih  terlihat melintas.

Menurut Rezha, untuk upaya pencarian korban hilang, sejauh ini masih terkendala alat. Meskipun pihak perusahaan tempat korban bekerja sudah menyediakan alat berat untuk proses pencarian, namun hingga saat ini masih belum ada orang yang bersedia menjadi operator alat berat tersebut. Mereka khawatir longsor susulan yang masih terjadi membahayakan jiwa mereka.

Rezha menyampaikan, untuk pencarian korban ini, sesuai SOP akan dilakukan selama 7 x 24 jam. Dengan melibatkan personil dari berbagai instansi dan komunitas sebanyak 25 orang. Selain itu BPBD Jember juga telah mendirikan posko untuk memfasilitasi proses pencarian korban hilang akibat longsor ini.

Lebih lanjut Rezha menyampaikan, hal yang menjadi penyebab longsor diduga akibat proses peladakan material tambang yang kerap dilakukan perusahaan- perusahaan di kawasan tersebut.

SUPIANIK

About admin

Check Also

Pelanggan yang mengambil Voucher untuk peringatan Hari Pahlawan. (Foto. Fareh Hariyanto)

KAI Tambah Daftar Profesi untuk Dapat Naik Kereta Api Gratis di Momen Hari Pahlawan

Radiobontangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucher …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *