Forum Sosialisasi Potensi Ekonomi Digital Berbasis Kearifan Lokal (Foto : MuhajirEfendi / RBT)

Kemenkominfo dan Bukalapak Bikin UMKM Banyuwangi Makin Mahir Pemasaran Online

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng sejumlah pihak, termasuk marketplace bukalapak, meningkatkan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Banyuwangi.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kemenkominfo Septriana Tangkary mengatakan, penguatan ekonomi berbasis digital adalah upaya menguatkan ekonomi kerakyatan agar semakin berdaya saing.
“Potensi UMKM di Banyuwangi sangatlah besar. Potensinya luar biasa. Sentuhan ekonomi digital ini diharapkan bisa meningkatkan usaha mereka,” jelasnya dalam acara Forum Sosialisasi: Potensi Ekonomi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Banyuwangi, Rabu (27/3).
Dalam sosialisasi tersebut, para pegiat UMKM di Banyuwangi diperkenalkan dengan platform Bukalapak. “UMKM Banyuwangi bisa makin go online, bisa kian masif melakukan penetrasi pemasaran dan penjualan melalui platform digital,” ujar Septriana.
“Kami ingin mengajak pelaku UMKM di Banyuwangi untuk bisa meningkatkan penjualan serta mem-branding produknya melalui Bukalapak,” imbuh Nanang Falianto.
Para pelaku UMKM, imbuh Nanang, tidak hanya membuatkan akun, tapi juga memberikan pendampingan. Melalui Komunitas Bukalapak yang ada di setiap daerah, diadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk.
Di Banyuwangi sendiri tak kurang dari 15 ribu akun bukalapak. Baik sebagai pelaku UMKM langsung, maupun sebagai reseller atau dropshiping.
“Ada 60 persen akun bukalapak dari Banyuwangi yang berupa pengusaha UMKM. Ini merupakan potensi yang luar biasa dan harus dikembangkan,” terangnya.
Untuk Komunitas Bukalapak Banyuwangi sendiri sudah berjalan aktif dalam satu tahun terakhir. Tak kurang dari 600 pemilik akun di Bukalapak yang tergabung di dalamnya. Secara periodik, keangotaan komunitas bertemu untuk berbagi informasi dan pengetahuan baru.
“Komunitas ini langsung dibina oleh Bukalapak,” jelas Nanang.
Sementara itu, Asisten Administrasi Pemkab Banyuwangi Suyanto Tondo Waspodo mengatakan, Banyuwangi terus berupaya mendorong penguatan pemasaran online UMKM.
“Dari sisi yang lain, Banyuwangi mempunyai Rumah Kreatif yang memfasilitasi peningkatan kualitas desain kemasan secara gratis. Semua UMKM bisa mendapatkan pendampingan manajemen, pemasaran, dan desain kemasan gratis sehingga bisa lebih mengerek daya saing produknya,” ujarnya.
Dia menyebut UMKM sebagai penggerak ekonomi Banyuwangi. “Berkat kinerja UMKM, kemiskinan Banyuwangi bisa dikurangi hingga tinggal 7,8 persen dan pendapatan per kapita rakyat meningkat hingga Rp 45 juta per orang per tahun,” beber Suyanto.
“Kredit mikro di Banyuwangi tahun lalu tembus hampir Rp1 triliun. Alhamdulillah ini sejalan dengan perkembangan pariwisata yang terus menggeliat, sehingga UMKM ikut terkatrol,” pungkas Suyanto. (*)
MUHAJIR EFENDI

About admin

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *