Beranda News Banyuwangi Peringati Isra Miraj, Warga di Banyuwangi Gelar Pawai 1000 Ancak

Peringati Isra Miraj, Warga di Banyuwangi Gelar Pawai 1000 Ancak

15
0
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat melaunching 1000 Ancak Rajabiyah dan Gerakan 1000 Koin (Foto:Istimewa/RBT)

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Warga di Banyuwangi menggelar pawai seribu ancak memperingati hari besar umat Islam, Isra Miraj. Mereka juga mengumpulkan koin untuk anak yatim piatu.

Peringatan Isra Miraj itu, oleh warga Kelurahan Karangrejo sekaligus dijadikan momen untuk melestarikan kembali membuat ancak. Atau Talam yang terbuat dari pelepah pisang dan berisi makanan lengkap, seperti halnya tumpeng.

Takmir Masjid Al-Ikhsan, Samsul Huda menjelaskan, peringatan hari Isra Miraj ini dijadikan sebagai momentum untuk menghidupkan kembali (uri-uri) tradisi warga setempat.

Tema yang diusung ‘Ancak 1000 Rajabiyah dan Gerakan 1000 Koin’ yang bertujuan untuk membantu warga yang kurang mampu. Gerakan sodaqoh ini dipelopori oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu).

Hasil pengumpulan dana yang berasal dari masyarakat itu akan diberikan kepada anak yatim piatu, warga kurang mampu, dan membantu modal usaha.

“Gerakan 1000 koin ini sudah dua bulan. Dan kami meminta Bupati Anas untuk melaunching bersamaan dengan peringatan Isra Miraj dan pawai seribu ancak untuk menguri-uri tradisi,” kata Samsul, Selasa (2/4/19) malam.

Melalui Gerakan 1000 Koin ini, Lazisnu Karangrejo ingin membantu kaum duafa yang ada di wilayah Kelurahan Karangrejo. Selain itu, juga untuk membantu biaya pendidikan siswa yang kurang mampu.

“Sebenarnya gerakan ini sudah berjalan kurang lebih dua bulan. Kami sudah menyebar 800 kaleng di rumah warga. Dengan semangat kebersamaan ini diharapkan rasa kepedulian sosial warga tetap terjaga.

“Rata-rata sedekah dari masyarakat senilai Rp 10 ribu sampai 50 ribu. Berapapun sedekah yang diberikan semoga dapt menambah rejeki yang bersedekah,” katanya.

Acara Isra Miraj ini diawali dengan pawai 1000 Ancak dari masing-masing RT dan dikumpulkan di aula Masjid Al-Ikhlas Jalan Ikan Mas, Karangrejo.

Acara yang bertajuk Ancak 1000 Rajabiyah dan Gerakan 1000 Koin Lazisnu ini juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini dan Forpimka Kecamatan Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas mengucapkan terima kasih karena telah membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan.

“Semoga dengan gerakan 1000 Koin ini semakin banyak masyarakat yang bisa terbantu,” kata Bupati Anas dalam sambutannya. (*)

MUHAJIR EFENDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here