Pelaksanaan UNBK SMA/SMK di Jember cukup lancar meski ada gangguan teknis terkait listrik. (Foto : Istimewa/RBT)

Gangguan Listrik Masih Menjadi Kendala Utama Pelaksanaan UNBK SMK/SMA di Jember

Radiobintangtenggara.com, Jember – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 untuk tingkat SMK/SMA di Kabupaten Jember selesai dilaksanakan. Berdasarkan evaluasi gangguan listrik masih menjadi kendala yang paling banyak ditemukan dalam pelaksanaan UNBK.

Kepala Dispendik Provinsi Jawa Timur cabang Jember, Lutfi Isa Ansori menjelaskan, secara keseluruhan UNBK tingkat SMA dan SMK berjalan lancar.  Meskipun dalam pelaksanaanya masih terjadi kendala baik teknis dan non teknis, namun hal tersebut masih bisa diatasi.

Lutfi menerangkan, kendala teknis yang ditemukan antara lain seperti  masalah pada server, sehingga setiap sekolah diwajibkan mempunyai server cadangan.

Sedangkan mayoritas kendala yang sering terjadi adalah gangguan listrik karena faktor cuaca. Berdasarkan evaluasi, dalam pengerjaan soal UN tahun ini sempat terjadi keterlambatan karena kendala-kendala tersebut sehingga mengurangi durasi waktu pengerjaan soal.

Lebih lanjut, Lutfi menambahkan, tahun 2019 ini adalah tahun ketiga Kabupaten Jember melaksanakan UNBK secara merata. Pihaknya menilai rata-rata sekolah sudah paham apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi.

Untuk UNBK SMK dilaksanakan 25 hingga 28 Maret 2019, sedangkan UNBK SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 1,2,4 dan 8 April 2019. (*)

Muhajir Efendi

About admin

Check Also

Pelanggan yang mengambil Voucher untuk peringatan Hari Pahlawan. (Foto. Fareh Hariyanto)

KAI Tambah Daftar Profesi untuk Dapat Naik Kereta Api Gratis di Momen Hari Pahlawan

Radiobontangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucher …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *