ternak ayam potong yang dikembangkan SMKN 5 Jember (Foto:Supianik/RBT)

Miliki Kandang Ternak Sendiri, SMKN 5 Jember Siap Penuhi Pasokan Ayam Potong Selama Ramadhan

Radiobintangtenggara.com, Jember – Selama Ramadan, permintaan kebutuhan pokok biasanya meningkat cukup tinggi, tidak terkecuali komoditas daging ayam. Untuk itu SMKN 5 Jember siap memenuhi pasokan daging ayam potong yang dikembangkan di Jurusan Peternakannya.

Penanggung Jawab Kandang Ternak Unggas, SMKN 5 Jember, Gilang Nur Sandi menjelaskan, saat ini, ada sekitar 4.000 ekor ayam potong di kandang ternak milik SMKN 5 Jember. Ribuan ayam potong ini akan dikeluarkan untuk menyuplai permintaan daging ayam yang cukup tinggi selama Bulan Ramadan.

Gilang menerangkan, tingginya permintaan komoditas ini diharapkan juga meningkatkan harga jualnya. Saat ini harga ayam hidup dikisaran Rp.18.000 per kilogram.

Sementara  itu,  Kepala SMKN 5 Jember, Kumudawati mengatakan, sebagai sekolah kejuruan sekaligus badan layanan, pihaknya terus menggali potensi yang ada untuk mendapatkan nilai tambah, di samping juga sebagai pembelajaran kewirausahaan bagi para siswa. Sehingga di Jurusan Peternakan ini digunakan metode pengajaran teaching factory.

Kumudawati, menjelaskan ternak ayam potong yang dijalankan ini diharapkan dapat menyuplai kebutuhan permintaan daging ayam selama Ramadan. Sejauh ini, pihaknya sudah melayani permintaan daging ayam potong sejumlah mitra di wilayah Jember.

Melihat tinggingya permintaan komoditas ini, pihaknya berencana untuk menambah jumlah kandang agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. (*)

Supianik

About admin

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *