Beranda News Jember BI Jember Buka Layanan Penukaran Uang di Alun-Alun Jember

BI Jember Buka Layanan Penukaran Uang di Alun-Alun Jember

27
0
masyarakat yang memanfaatkan layanan penukaran uang di alun-alun Jember (Foto:Supianik/RBT)

Radiobintangtenggara.com, Jember – Terhitung mulai 22 sampai 29 Mei 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bersama sejumlah mitra perbankan, membuka layanan penukaran uang pecahan baru di Alun-alun Kota Jember.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo menjelaskan, tahun ini pihaknya menyediakan uang pecahan baru untuk masyarakat sebesar Rp.5,01 Triliun. Jumlah ini  meningkat 4,22 persen di banding realisasi tahun 2018 sebesar Rp.4,38 Triliun.

Hestu menerangkan, ada delapan perbankan, yakni empat bank BUMN dan empat bank swasta  ikut dalam kegiatan penukaran uang di alun-alun Jember kali ini.

Selain di Alun-alun Kota Jember, layanan penukaran uang juga dilakukan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember dalam program pasar murah yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember.

Hestu menghimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang di layanan resmi yang dibuka BI dan perbankan. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko, seperti jumlah pecahan tidak sesuai, tambahan biaya, ataupun penyisipan uang palsu.

Salah satu masyarakat yang antusias ikut menukarkan uang Khoirul, mengaku sudah melakukan antrian di Alun-alun Kabupaten Jember sejak jam setengah Sembilan pagi. ia menukarkan uang pecahan Rp. 2000, Rp. 5000 dan Rp.10.000. Warga kecamatan panti ini menjelaskan, tahun ini adalah adalah yang kedua kalinya dirinya menukarkan uang pecahan baru di Alun-alun Jember. Tahun lalu ia juga mengikuti kegiatan serupa, menukarkan uang baru untuk persiapan lebaran. (*)

Supianik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here