Sumber : ponorogo.go.id

Liburan Keluarga Naik Bus, Begini Tips dan Triknya

Kenaikan harga tiket pesawat yang cukup signifikan membuat biaya perjalanan liburan ikut meningkat. Tapi itu bukan alasan untuk membatalkan rencana liburan bersama keluarga yang sudah disusun sejak jauh hari. Meski tak bisa menambah budget untuk transportasi, kamu tetap bisa liburan nyaman dengan menumpang bus.

Selain harga yang murah, bus juga menjangkau lebih banyak kota daripada pesawat. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika liburan naik bus dengan membawa keluarga. Sebelum mencari info tiket bus dari Jakarta terbaru atau kota lainnya di Indonesia, simak beberapa tips naik bus bersama keluarga berikut ini yuk!

Cek Jarak dan Waktu Tempuh

Ketika mencari info tiket bus terbaru, lihatlah detail dari perjalanan yang akan kamu tempuh. Terutama jarak yang akan dilalui dan waktu tempuh bus yang nantinya ditumpangi. Perjalanan jarak jauh dengan posisi duduk terus menerus bisa membuat badan lelah. Agar perjalanan tetap nyaman, lakukan olahraga ringan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan agar tubuh senantiasa fit dan siap buat liburan.

Cek juga, apakah bus yang kamu tumpangi nanti akan melewati tol super panjang seperti trans Jawa atau tidak. Jika masuk ke tol panjang, pastikan untuk tidak terlalu banyak minum dan menjaga makanan agar perut tak mengganggu di perjalanan.

Pilih Kursi Tengah

Posisi menentukan prestasi adalah perumpamaan yang paling pas untuk memilih tempat duduk di bus. Lokasi paling nyaman adalah di kursi tengah, tak terlalu di depan atau belakang dan tak berada di atas ban. Posisi ini memungkinkan kamu duduk dengan nyaman tanpa terpental-pental kala ban menyentuh jalan tak rata. Lebih nyaman pula untuk penumpang yang mudah mabuk darat ketika naik bus, karena posisi badan lebih tenang.

Anak dan Balita Beli Tiket Sendiri

Ketika perjalanan membawa anak-anak, sebaiknya mereka dibelikan tiket sendiri berapapun usianya. Bayi dan balita memang bisa dipangku agar lebih hemat, tetapi hal ini akan membuat orangtua jadi lebih lelah dan demikian pula dengan si anak. Duduk sendiri akan membuat mereka memiliki ruang yang lebih lega. Dengan demikian, anak tidak akan mudah rewel dan tidur pun akan lebih tenang selama perjalanan.

Perhatikan Barang Bawaan

Berbeda dengan pesawat dan kereta yang memiliki bagasi super lega, bus punya bagasi terbatas. Perhatikan ukuran barang bawaan agar muat dimasukkan ke dalam bagasi. Jangan lupa pisahkan keperluan penting seperti obat, susu, charger, minuman dan makanan di tas terpisah lalu letakkan di kabin yang ada di bagian atas kursi tempat kamu duduk di dalam bus.

Sedia Makanan dan Minuman

Untuk bus perjalanan jarak jauh, biasanya sudah menyediakan makanan dan minuman. Namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan makanan sendiri, terutama untuk yang membawa anak kecil. Siap makanan dan minuman akan membuat mereka lebih tenang dan nyaman di perjalanan.

Beli Tiket Online

Semua perlengkapan sudah siap? Sekarang waktunya cari info tiket bus dari Jakarta terbaru. Nggak perlu ke mana-mana, sekarang cukup dengan aplikasi Traveloka semua info sudah ada dalam genggaman. Tiket bus ke berbagai jurusan pun tersedia, dan kamu bisa memilih tempat duduk terbaik sesuai dengan keinginan.

Pembayaran tiket bus online pun sama mudahnya dengan pesawat ataupun kereta api. Mudah dan murah, bikin rencana liburan tetap terlaksana seperti rencana. Happy holiday! (*)

About Rima Indah

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *