Hearing di DPRD Jember membahas anggaran pengamanan pilkades serentak 2019 (Foto:Supianik/RBT)

Tidak Ada Alokasi Anggaran APBD Untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Jember

Radiobintangtenggara.com, Jember – Pada Bulan September 2019 Kabupaten Jember akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 161 desa. Pelaksanaan Pilkades ini akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jember.

Di tengah-tengah persiapaannya, pelaksanaan pilkades serentak mendapatkan sorotan dari Komisi A DPRD Kabupaten Jember. Karena tidak adanya alokasi anggaran pengamanan dari APBD pada  pelaksanaan Pilkades ini.

Hal ini terungkap saat kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Dispemasdes)  Eko Heru Sunarsono, menjelaskan permasalahan ini saat hearing di DPRD Jember, Selasa (18/6/2019).

Heru menyampaikan, anggaran Pengamanan Pilakades akan dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Menanggapi hal itu, Lukman Winarno, Sekertaris Komisi A DPRD Jember langsung menyampaikan tanggapannya. Menurutnya, tidak seharusnya persoalan yang menyangkut keamanan dibebankan ke Pemerintah Desa. Karena Pilkades adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Lukman mencontohkan, dalam konteks Pemilu, pastinya Kapolri yang bertanggung jawab atas pengamanan, dan untuk anggarannya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Bahkan dengan gamblang Lukman menyatakan, Kepala Dispemasdes Jember secara filosofis salah, jika mencari jalan keluar untuk anggaran pengamanan melalui APBDes. Karena, Lukman mengaskan, hal ini murni tanggung jawab pemerintah daerah. (*)

Supianik

About admin

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *