Kepala Dispemasdes Kabupaten Jember, Eko Heru Sunarso (Foto:Supianik/RBT)

Dispemasdes Jember, Akan Berikan Tes Jika Kandidat Kades Lebih Dari Lima

Radiobintangtenggara.com, Jember – Masa pendaftaran bakal calon kepala desa dimulai pada tanggal 11 hingga 19 Juli 2019. Apabila  jumlah kandidat lebih dari lima orang, Pemerintah Kabupaten Jember akan memberikan tes untuk menyeleksi para kandidat sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Kabupaten Jember, Eko Heru Sunarso menjelaskan, dalam Pilkades serentak ini, ada perbedaan dibandingkan pilkades sebelumnya, khususnya persyaratan adiministratif bagi para calon.

Heru menerangkan, untuk jumlah calon minimal dua orang dan  maksimal lima orang. Berbeda halnya jika calon dari Penggatian Antar Waktu (PAW) maksimal tiga orang. Namun jika ternyata yang lolos verifikasi dari panitia lebih dari lima orang, maka akan dilaksanakan tes di Kantor Pemkab Jember. Pihaknya akan menyediakan soal untuk menyeleksi calon kades tersebut.

Heru berharap, dalam pelaksanakan pilkades serentak ini, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua pihak dapat  berperan aktif ikut menyukseskan pilkades agar pelaksanaanya berjalan lancar dan aman.

Adapun  jadwal sosialisasi dan pembekalan persiapan pelaksanaan Pilkades pada 1 – 5 Juli 2019. Kemudian dilanjutkan masa pendaftaran bakal calon kades mulai 11 – 19 Juli 2019, penelitian berkas, untuk diverifikasi, dan masa perbaikan berkas dan penetapan nomor urut calon kades pada 21 – 25 Juli 2019.

Sedangkan untuk tahapan masa kampanye akan dilakukan pada 20 – 22 Agustus, masa tenang  pada 2 – 4 September 2019. Sementara untuk teknis pemilihan akan terbagi dalam empat hari, yakni pada tanggal 5 September, 12 September, 19 September, dan 26 September. (*)

Supianik

About admin

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *