Beranda News Banyuwangi Pariwisata Berkembang, Ketua Dekranasda Banyuwangi Ajak Pelaku UMKM Giat Kembangkan Industri Kreatif

Pariwisata Berkembang, Ketua Dekranasda Banyuwangi Ajak Pelaku UMKM Giat Kembangkan Industri Kreatif

16
0
Bupati Anas bersama Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengajak seluruh pengusaha industri kecil menengah (IKM) untuk mengembangkan industri kreatif (Foto:MuhajirEfendi/RBT)

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengajak seluruh pengusaha industri kecil menengah (IKM) untuk mengembangkan industri kreatif. Mereka diajak untuk terus memperbaiki kualitas produknya sekaligus jeli melihat trend ke depan.

Hal itu diungkapkan Ny Dani, sapaan akrabnya, saat menggelar halal bihalal bersama ratusan anggota dekranasda yang terdiri dari pelaku IKM, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan kepala desa se-Banyuwangi, di Pendopo Banyuwangi, Senin (24/6).

Dikatakan Dani, pariwisata Banyuwangi yang tengah berkembang ini harus bisa dimanfaatkan oleh pelaku IKM untuk mengembangkan usahanya. Pariwisata memungkinkan sektor kreatif untuk berkembang.

“Perkembangan pariwisata Banyuwangi saat ini harus dijadikan momen untuk mengembangkan usaha kita. Banyaknya wisatawan yang datang, harus menjadi potensi untuk menjual produk-produk yang menarik. Bisa produk untuk oleh-oleh maupun produk kuliner,” jelas Dani.

Agar bisa menarik pembeli, Dani menyarankan kepada pelaku IKM untuk terus memperkaya wawasan tentang pengembangan produknya. Di samping juga kualitasnya.

“Di sini sudah ada Rumah Kreatif yang bisa membantu ibu-ibu. Mulai mendesain packing, memasarkan, sekaligus konsultasi pengembangannya. Ibu-ibu juga harus rajin googling dan membuka sosial media untuk melihat trend produk,” kata Dani.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa tantangan ekonomi ke depan cukup banyak. Untuk itu, pelaku UMKM harus terus berpikir bagaimana mengembangakn produknya agar dilirik pasar.

“Harapan saya, ibu-ibu di Banyuwangi lebih kreatif, misalnya yang punya usaha roti kemasannya bisa dibikin lebih kreatif dan eye cathing, sehingga tampilannya menjadi menarik,” kata Bupati Anas.

Selain mengajak kreatif, Bupati juga menyuntikan sejumlah motivasi kepada pelaku IKM dan UMKM ini agar semangatnya tetap tumbuh. Anas juga meminta mereka bersama-sama pemkab menjaga citra daerah.

“Jadilah tuan rumah yang baik bagi tamu wisatawan kita, karena ini modal bagi pariwisata kita agar tetap berkembang. Alhamdulillah, sejauh ini mayoritas orang yang datang ke Banyuwangi kesannya baik semua. Ini harus kita jaga, citra positif Banyuwangi,”kata Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas dan juga istrinya menggelar dialog dengan peserta terkait masalah UMKM. Mulai dari masalah hingga permodalan bagi UMKM dan IKM. (*)

Muhajir Efendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here