Beranda News Banyuwangi Harhubnas: Saatnya Mengenal Keistimewaan Sektor Perhubungan di Banyuwangi

Harhubnas: Saatnya Mengenal Keistimewaan Sektor Perhubungan di Banyuwangi

62
0

Radiobintangtenggara.com – Banyuwangi – Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh setiap tanggal 17 September setiap tahunnya menjadi momen penting bagi insan perhubungan juga warga Kabupaten Banyuwangi.

Bagaimana tidak, Banyuwangi memiliki sektor Perhubungan yang lengkap. Mulai sektor darat, laut dan udara, ada semuanya. Sejumlah Stasiun Kereta Api, Dua Pelabuhan Besar, Bandar Udara Internasional, bahkan Sekolah Pilot ada di Banyuwangi.

Sebab itu, peringatan Harhubnas di Banyuwangi kali ini lebih ditekankan ke ranah edukasi bagi siswa SD, SMP dan SMA. Dengan mengenal keistimewaan perhubungan Banyuwangi, diharapkan akan meningkatkan motivasi bagi mereka untuk mencintai tanah kelahirannya.

Ketua Panitia Harhubnas Kabupaten Banyuwangi, Ali Ruchi mengatakan, rangkaian acara untuk peringatan Harhubnas tahun ini dimulai pada 21 Agustus lalu. Dan puncak acara akan dilakukan pada 22 September mendatang.

“Rangkaian acara lebih banyak edukasi tentang dunia perhubungan. Sektor Perhubungan di Banyuwangi termasuk lengkap. Mulai sektor darat, laut dan udara,” jelas Ali yang juga Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, ini kepada radio bintang tenggara, Selasa (10/9).

Edukasi dunia perhubungan dimulai dengan mengajak para siswa SD berkunjung ke sejumlah fasilitas perhubungan mulai dari Stasiun Kereta Api, Pelabuhan ASDP Ketapang, Pelabuhan Tanjungwangi, Terminal Sritanjung. Juga ke Bandara Banyuwangi dan Sekolah Pilot.

“Kita kemas semacam wisata edukasi ke sejumlah fasilitas Perhubungan, mulai dari Stasiun Kereta Api hingga Sekolah Pilot. Hal ini penting dilakukan agar anak usia sekolah dasar lebih dalam mengetahui dunia perhubungan. Bahkan termotivasi untuk lebih mencintai Perhubungan,” tambahnya.

Tak kalah penting, rangkaian Harhubnas juga diisi dengan sejumlah sosialisasi. Seperti sosialisasi keselamatan jalan, keselamatan penerbangan dan keselamatan pelayaran.

“Seperti hari ini kita goes to school ke SMA Negeri 1 Genteng dan sejumlah sekolah lainnya di Banyuwangi,” lanjut pria yang akrab disapa AR, ini.

Dipenghujung peringatan Harhubnas, juga akan digelar bakti sosial donor darah para insan perhubungan di Banyuwangi. Acara ini kerjasama dengan PMI Banyuwangi yang digelar di tiga tempat dan waktu berbeda.

“Rangkaian acara kita tutup dengan upacara Harhubnas dan jalan sehat pada keesokan harinya,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here