Beranda News Jember Sharing PDRB Kabupaten Jember Kalah dengan Banyuwangi

Sharing PDRB Kabupaten Jember Kalah dengan Banyuwangi

180
0
Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, Hestu Wibowo (Foto:Supianik/RBT)

Radiobintangtenggara.com, Jember – Kabupaten Jember kini tak lagi menjadi daerah dengan sharing Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi diwilayah Se-eks Karesidenanan Besuki dan Lumajang (Sekarkijang). Yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Situbondo. PDRB sendiri merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo menerangkan, sejak tahun 2018 jumlah sharing PDRD tertinggi di daerah sekarkijang berasal dari Kabupaten Banyuwangi.

Total PDRB Sekarkijang tahun 2018 mencapai Rp.218 Triliun. Dari jumlah tersebut 36% diantaranya berasal dari sharing PDRB Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan sharing PDRB Kabupaten Jember sebesar 33%.

Lebih Lanjut Hestu menjelaskan, baik Jember maupun Banyuwangi sektor yang menopang PDRB adalah sektor pertanian. Hanya saja untuk Banyuwangi pertumbuhan sektor pertaniannya lebih tinggi yang kemudian berpengaruh pada jumlah sharing PDRB.

Hestu menambahkan kendati Jember tak lagi sebagai daerah dengan sharing PDRB tertinggi, penggerak sektor ekonomi di wilayah Sekarkijang masih dipegang oleh Kabupaten Jember. Hal ini dapat dilihat dari jumlah bank dan pertumbuhan kredit di Jember yang lebih besar dari daerah sekarkijang lainnya.

Supianik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here