Kawah Ijen, Wisata di Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

BKSDA Siapkan Tatanan Kenormalan Baru di Wisata Ijen

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi direncanakan dibuka kembali. Pemangku kebijakan terus melakukan segala terobosan guna segera kembali menghidupkan mesin pariwisata yang vakum akibat pandemi covid-19.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur Purwantono optimis ada angin baru wisatawa untuk Kawasan Wisata Alam (KWA) Ijen dengan wacana pemberlakuan kenormalan baru.

Namun kapan akan dibukanya akses wisata ijen masih akan menunggu kordinasi dari pelbagai pihak. Sebab, upaya yang dilakukan saat ini masih menunggu dari segala aspek perencanaan saat kunjungan wisata berlangsung. Masyarakat yang akan ke tempat wisata setelah masa kenormalan baru dimulai tentu harus memperhatikan aturan baru.

“Segala protokol kesehatan saat berwisata ditengah kenormalan baru tentu perlu menjadi atensi,” kata Purwantono saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi.

Pun begitu, lanjut Purwantono wisatawan yang akan melakukan pendakian di KWA Ijen akan dibatasi agar tidak menimbulkan kepadatan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembatasan jumlah pendaki. Pendakian akan dilakukan dua kali dalam sehari dengan jumlah pengunjung sebanyak 450 orang.

Sementara itu, waktu pendakian akan dilakukan yakni pukul 03.00 – 08.00 WIB dan pendakian ke dua pukul 08.00 – 13.00 WIB. Selain itu, bagi pengunjung yang akan datang saat diberlakukan kenormalan baru, pemesanan tiket di KWA ijen akan diberlakukan secara daring.

“Harapanya, bisa mengurai adanya antrian saat masuk ke KWA Ijen,” pungkasnya.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *