Jember

Layanan Hari Pertama, Daops IX Tanpa Kendala

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Di hari pertama dioperasikannya transportasi kereta api oleh PT KAI seluruh  keberangkatan kereta selalu mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. Manager Humas PT KAI Daops IX Jember Mahendro Trang Bawono mengatakn kenormalan baru di PT KAI Daops IX Jember yang mulai aktif 12 Juni 2020.

“Semua mulai berjalan normal tanpa kendala yang berarti,” katanya saat mengudara di  FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Jum’at, (12/06) petang.

Data Terakhir per-pukul 17.00 WIB Tercatat ada sekitar 70 an punumpang dari empat KA yang beroprasi yang berangkat di Daops IX Jember. Pun begitu, pihak KAI Daops IX sempat menolak 38 penumpang lantaran tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Menurut Mahendro persyaratan yang dimaksud pertama, menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari pada saat keberangkatan.

Kedua, Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang diikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

“Penumpang juga harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler,” ujarnya.

Mahendro menambahkan kewajiban masyarakat menunjukkan surat tes Covid-19 itu berkaitan dengan Surat Edaran Gugus Tugas tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Meski memberatkan penumpang pihaknya harus mematuhi protokol pencegahan Covid-19 tersebut.

Ia menyarankan bagi calon penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun, paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA untuk proses boarding dan verifikasi. Pun begitu, kebijakan pengoperasian perjalanan KA itu akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan.

“Kami akan terus akan melakukan perbaikan terkait kenormalan baru ini,” pungkasnya.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top