Lukman Hakim, PLT Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

Tanggapi Keluhan BST, Begini Saran PLT Kadinsos Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) tahap II di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Banyuwangi sempat diwarnai ketidak puasan warga. Utamanya warga yang pada tahap pertama mendapat namun tidak mendapat di tahap berikutnya.

Lukman Hakim, PLT Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi menanggapi perihal keluhan warga Sumbersari Srono itu saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Jum’at, (12/06). “Keluhan ini imbas mulai disalurkan di desa-desa Kabupaten Banyuwangi untuk tahap kedua,” kata Lukman.

Menurut Lukman, seandainya ada yang tidak dapat pada penyaluran tahap ke II dan merasa berhak, pihak Dinsos Banyuwangi menyarankan bisa mengajukan proses banding dengan melapor pihak desa setempat. Nantinya, pihak desa akan mengusulkan kembali jika memang yang bersangkutan berhak memperoleh manfaat.

Ia menjelaskan jika mekanisme pencairan BST merupakan pengolahan data dari pusat. “Dana yang masuk menggunakan jaringan PT Pos Indonesia dengan aturan bagi penerima harus membawa undangan dan KTP yang cocok dengan data Kemensos,” ujarnya.

Seandainya warga kehilangan undangan, lanjut Lukman, tetap uang bisa dicairkan lantaran undangan bisa dicetak kembali oleh PT Pos Indonesia. Mengingat saat pengambilan dana, penerima juga diwajibkan membawa data diri dan akan difoto.

Dalam pembagian sebelumnya pihak Kemensos telah menyampaikan pada pihak Kantor pos selaku penyelenggara pembagian uang dana BST agar mengadakan pembagian jadwal waktu, semisalnya, dari jam sekian ke jam sekian sesuai dengan kondisi dilapangan.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *