Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Foto. Istimewa)

Simulasi Kenormalan Baru Pariwisata Banyuwangi Diperkenalkan ke Diaspora Seluruh Dunia

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Simulasi new normal pariwisata yang sedang dilakukan Pemkab Banyuwangi diperkenalkan kepada para diaspora Indonesia di berbagai penjuru dunia. Hal ini disampaikan dalam seminar daring yang diselenggarakan oleh Kelana Anantara Nusa, Jumat malam (12/6/2020).

Acara yang dipandu oleh Tendi Naim itu diikuti puluhan peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia. Seperti di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia. Pemandu acaranya sendiri bertempat di Kualalumpur, Malaysia. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas paparkan bagaimana visi pariwisata Banyuwangi di tengah masa pandemi.

”Ada perbedaan strategis era sebelum Covid-19 dan new normal ini dalam dunia pariwisata. Kita perlu paradigma baru agar bisa memenangkan persaingan pariwisata dengan alternatif destinasi daerah lainnya,” ujar Anas.

Anas mencontohkan soal sumberdaya manusia (SDM) pariwisata. “Dulu jualannya keramahan dan kompetensi, tapi sekarang SDM-nya juga harus sehat. Pelaku wisata harus jualan bahwa semua stafnya sehat, diperiksa berkala, diberi vitamin dan sebagainya,” ujarnya.

Lalu, pengaturan jam pelayanan. Era sebelum Covid-19, pelayanan 7 hari sepekan. Di era new normal, harus ada waktu libur. “Harus ada jeda untuk evaluasi kesehatan dan kebersihan, untuk atur sampah dan sebagainya,” paparnya.

“Kini kami juga memprioritaskan sertifikasi kebersihan dan kesehatan. Standar itu kini wajib ada karena itu menjadi ”jualan” ke wisatawan. Banyuwangi berinisiatif menerapkan sertifikasi tanda new normal bisnis kuliner, dan berlanjut ke hotel, rent car, destinasi. Ini semacam legitimasi karena berdasarkan disupervisi Dinas Kesehatan, maka sebuah tempat layak disematkan lolos standar new normal,” jelasnya.

Anas juga mengatakan, akan mendorong wisata sehat dengan mengandalkan wisata alam yang menjadi andalan Banyuwangi selama ini. Banyuwangi telah menjadi cagar biosfer dunia serta sedang diajukan menjadi jaringan geopark dunia.

”Pemkab juga mendorong setiap destinasi menjual makanan sehat. Kekayaan hasil pertanian Banyuwangi ini berlimpah. Ini jadi modal utama kami pula,” cetus Anas.

Terkait atraksi wisata, Anas menjelaskan bahwa kini Banyuwangi secara perlahan menerapkan kuota di setiap pertunjukan. Artinya, kapasitas destinasi dan atraksi harus diatur.

“Kami perbanyak atraksi seni di sejumlah ruang publik. Sanggar seni tetap bergerak, namun standar keamanan tetap dijaga. Lalu ada aplikasi, begitu orang mau beli tiket tapi di dalam kapasitas sudah tidak bisa, ya otomatis tertolak,” jelasnya.

Anas mengaku terus melakukan simulasi dan uji coba untuk pengembangan pariwisata Banyuwangi di era normal baru tersebut.

“Kami optimis melakukan semua persiapan. Apalagi, hasil survey Traveloka menempatkan Banyuwangi di posisi ke-3 sebagai destinasi domestik yang diminati wisatawan setelah pandemi di bawah Bali dan Yogyakarta. Di atas Lombok dan Labuan Bajo yang masing-masing peringkat 7 & 9,” kata Anas.

Komitmen ini diapresiasi oleh pembicara lainnya, Direktur Jatim Park III Suryo Widodo. Menurutnya, Banyuwangi memiliki visi yang jelas dalam mengembangkan dunia wisata.

“Tidak hanya memiliki potensi alam dan budaya yang amat kaya, Banyuwangi saya kira juga memiliki visi yang jelas dalam pariwisata. Seperti halnya penerapan aturan yang jelas, perizinan investasi wisata yang dipermudah dan kenyamanan berusaha,” ungkap Suryo Widodo.

Para diaspora tersebut pun menyampaikan hal yang sama. Banyak langkah-langkah yang diambil oleh Banyuwangi memiliki prinsip penerapan yang tak jauh berbeda dengan pariwisata di sejumlah negara. Seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu diaspora asal Kyoto, Jepang.

“Di sini (Jepang), pariwisata juga sudah mulai dibuka. Pola penerapannya juga tak jauh berbeda dengan apa yang telah diterapkan di Banyuwangi,” ungkapnya.

Di Banyuwangi sendiri sudah dilakukan sejumlah simulasi  new normal pariwisata. Seperti halnya di Agro Wisata Tamansuruh, Taman Gandrung Terakota, sejumlah hotel, restoran hingga sentra kuliner di Taman Blambanga.

“Kita evaluasi simulasi ini secara bertahap, sebelum pemerintah pusat benar-benar memberlakukan new normal, kita telah siap terlebih dahulu,” pungkas Anas.

Muhammad Handoyo

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *