Manager Humas PT KAI DOAP IX Jember Mahendro Trang Bawono. (Foto. Antaranewa.com)

PT KAI, Lakukan Penyesuaian Tarif KA Jarak Jauh

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan penyesuaian tarif untuk KA Jarak Jauh komersial sekitar 30-40 persen. Mahendro Trang Bawono, Manager Humas Daop 9 Jember, menjelaskan, dari 4 KA yang kembali beroperasi di wilayah kerjanya, hanya KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon (PP) yang mengalami penyesuaian tarif.

“Mengingat hanya KA Jarak Jauh Non Public Service Obligation (PSO) atau komersial yang mengalami penyesuaian tarif,” katanya.

Berdasarkan pantauan harga di aplikasi KAI Access, tiket KA Ranggajati dengan rute Jember-Cirebon pada kelas bisnis dikenakan tarif 450 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelas eksekutif dikenakan tarif 610 ribu rupiah.

Mahendro menyampaikan, penyesuaian itu perlu dilakukan untuk menjaga likuiditas perusahaan di tengah pandemi Covid-19. Karena okupansi tempat duduk yang diperbolehkan hanya sebesar 70% dari total tempat duduk yang tersedia.

Mahendro menambahkan, hingga kini, tingkat okupansi 4 KA reguler antar kota yang beroperasi di wilayahnya masih rendah. Rata-rata per hari, hanya sekitar 300 – 350 penumpang yang berangkat dari stasiun Jember dari total 3.250 tiket yang disediakan.

Mulai tanggal 12 Juni 2020 hingga 22 Juni 2020 pukul 9 pagi, total ada 2.542 penumpang. KA dengan tingkat okupansi tertinggi di Daop 9 Jember adalah KA Probowangi relasi Jember-Surabaya Gubeng (PP), bisa membawa sekitar 100 penumpang perhari.

Pihak KAI Daop 9 juga masih memberlakukan protokol kesehatan bagi penumpang KA. Penumpang tetap diwajibkan memberikan bukti bebas Covid-19 lewat hasil tes rapid ataupun PCR.

Jika tidak ada, penumpang bisa menggunakan surat keterangan bebas Covid-19. “Selain itu, mereka juga tetap diwajibkan memakai masker dan face shield serta memakai pakaian lengan panjang atau jaket,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Daop 9 Jember hanya mengoperasikan 4 KA reguler antar kota dengan 8 rute perjalanan. Yakni KA Ranggajati relasi Jember- Cirebon PP, KA Sritanjung relasi Ketapang- Lempuyangan PP, KA Tawang Alung relasi Ketapang-Malang Kota Lama PP dan KA Probowangi relasi Ketapang- Surabaya Gubeng PP. Sedangkan untuk KA lokal masih belum beroperasi.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *