Beranda News Jember PPDB Berakhir, Empat SMA Negeri di Jember Tak Capai Pagu

PPDB Berakhir, Empat SMA Negeri di Jember Tak Capai Pagu

8
Rosyid Altof - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Jember. (Foto Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Jember telah resmi ditutup.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Jember, Rosyid Altof, menjelaskan, dari total 18 SMAN yang tersebar di Jember, 4 diantaranya belum memenuhi pagu peserta didik.

4 SMAN tersebut diantaranya SMAN 2 Tanggul, pagu 87 masih terisi 61 siswa. SMAN 1 Tanggul, pagu 67 terisi 17 siswa. “SMAN Mumbulsari, pagu 64 terisi 28 siswa dan SMAN Plus Sukowono, pagu 55 terisi 20 siswa,” katanya.

Menurut Rosyid, pihaknya menginstruksikan kepada sekolah-sekolah yang belum memenuhi pagu untuk membuka kembali pendaftaran secara offline hingga Jumat pekan ini (3/7/20). Pendaftaran diutamakan bagi calon peserta didik yang benar-benar belum mendapatkan sekolah.

Rosyid menambahkan, mekanisme PPDB perpanjangan ini merujuk pada jumlah pendaftar. Misalnya, sisa pagu yang dibutuhkan adalah 38 siswa dan pendaftarnya 30 orang, maka sekolah bisa langsung menerima semua pendaftar tanpa memberlakukan seleksi.

“Sebaliknya, jika sisa pagu 38 siswa dan pendaftarnya melebihi angka tersebut, maka sekolah menerapkan sistem rangking berdasarkan nilai,” ujarnya.

Supianik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here