Jember

Pemkab Jember Adakan Rapid Test Gratis Bagi Mahasiswa Lokal

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember menyediakan rapid test gratis hanya bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang berasal dari Jember. Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto mengatakan, persyaratan tersebut sesuai dengan pertemuan pihak Unej dan Pemkab Jember.

Sedangkan peserta yang berasal dari luar kota/daerah, teknisnya sesuai dengan aturan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember. Yakni menunjukkan hasil rapid test non reaktif dari daerah masing-masing di posko/check point pemeriksaan saat masuk ke Kabupaten Jember.

Di sisi lain, mahasiswa yang berasal dari luar Jember mengungkapkan keberatan dengan syarat rapid test ini. Nur Indah, salah satu peserta UTBK 2020 Unej asal Banyuwangi mengatakan, meskipun ia menyadari tujuan dari rapid test ini demi pencegahan penyebaran Covid-19, namun dirinya keberatan dengan adanya syarat tersebut.

Menurutnya, tidak semua Kabupaten menyediakan layanan rapid test gratis bagi peserta UTBK. “Sebab harga yang dipatok untuk melakukan rapid test secara mandiri juga cukup mahal,” katanya.

Fasilitas rapid test gratis dilaksanakan serentak di 31 Kecamatan di Jember. Salah satunya bertempat di pendopo Kecamatan Kaliwates. Camat Kaliwates, Asrah Jaya Widono mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan perintah dari Gugus Tugas Penangana Covid-19 Jember.

Total ada 617 peserta yang dilaksanakan bertahap. Gelombang pertama, pada 2-4 Juli 2020 dan gelombang kedua pada 14 dan 16 Juli 2020. Hasil dari rapid test akan langsung diberikan kepada peserta.

“Untuk kegiatan rapid test di Kaliwates, sejauh ini semua peserta dinyatakan non reaktif,” pungkasnya.

Supianik

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top