Banyuwangi

BPBD Minta Masyarakat Tidak Panik dengan Suara Gemuruh Gunung Raung

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Menangapi perihal seringnya terdengar suara gemuruh Gunung Raung di wilayah Jember. Heru Widagdo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember mengatakan bahwa pihaknya sudah mengimbau warga agar tak panik dengan suara gemuruh dari Gunung Raung.

“Sebab gemuruh yang terdengar oleh warga di sekitar lereng gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi itu merupakan dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Raung,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi.

Pihak BPBD terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Raung dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan peningkatan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Heru menambahkan masyarakat di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember yang beberapa kali mendengar suara gemuruh dari arah Gunung Raung diberikan sosialisasi kepada warga di salah satu masjid. Hal tersebut juga untuk mengimbau mereka untuk tetap tenang, namun meningkatkan kewaspadaannya.

Ia berharap masyarakat tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan dari pihak yang tidak bertanggung jawab terkait dengan aktivitas Gunung Raung. Masyarakat diminta terus berkoordinasi dengan BPBD Jember dan perangkat desa setempat terkait informasi tentang aktivitas Gunung Raung.

“Kami akan memberikan informasi terkait dengan aktivitas Gunung Raung, sehingga imbau warga tetap tenang dan tidak panik lebih dulu sebelum mendapatkan informasi dari sumber resmi,” ujarnya.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top