Banyuwangi

59 PTKIN di Indonesia Gelar Ujian Masuk Via Daring

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2020 digelar serentak secara online. Ada 59 PTKIN di seluruh Indonesia yang menggelar ujian online mulai 3 – 10 Agustus 2020. Salah satunya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Menurut Rektor IAIN Jember, Prof. Babun Suharto, UM PTKIN secara daring baru diselenggarakan tahun ini, mengingat pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. Ia menjelaskan, peserta tidak perlu datang ke lokasi ujian.

“Mereka cukup mengerjakan ujian dari tempat tinggal masing-masing dan diawasi oleh pengawas secara daring,” katanya.

Babun menambahkan, setiap harinya, pelaksanaan UM PTKIN online dibagi menjadi 3 sesi. Setiap sesinya ada 15 pengawas yang masing-masing mengawasi 20 peserta. Pihaknya juga telah melakukan antisipasi agar tidak terjadi kendala teknis.

Salah satunya, dengan menyediakan genset sebagai antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Jika pelaksanaan UM PTKIN online ini sukses, Babun mengatakan hal ini tentu akan menjadi sejarah bagi Kementerian Agama.

“Kami berharap, meskipun UM PTKIN dilaksanakan secara online, tidak akan mengurangi kualitas input calon mahasiswa di seluruh PTKIN se Indonesia,” ujarnya.

Tahun ini, IAIN Jember akan menerima mahasiswa untuk tingkat strata satu (S1) sebanyak 3.500 orang, dari tiga jalur seleksi. Yakni, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN kemudian UM PTKIN dan UM Mandiri IAIN Jember.

Supianik

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top