Bupati Anas saat memimpin rapat terbatas di Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi. (Foto. Istimewa)

Bupati Anas Terus Ingatkan Kewaspadaan di Tengah Pandemi Covid-19

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus menggeber langkah penanganan Covid/19. Evaluasi pengendalian penyebaran virus tersebut terus dilakukan. Saat ini, terdapat 70 kasus positif di Banyuwangi, di mana 50 orang sudah sembuh, 17 dirawat, dan 3 meninggal.

“Dalam satu minggu terakhir ini penambahan kasus konfirmasi masih terjadi Banyuwangi,” kata Anas saat memimpin rapat terbatas di Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi.

Hal tersebut menjadi catatan khusus Pemkab, walaupun sebenarnya penambahan kasus positif diiringi pula peningkatan pasien sembuh. Tapi tetap menjadi atensi  untuk menguatkan kembali upaya pencegahan. Sebab dari 70 kasus yang ada, 37 di antaranya terinfeksi di luar kota.

Hal itu artinya, perlu pemantauan yang ketat bagi warga Banyuwangi ataupun orang luar yang baru datang dari luar kota. “Sehingga bisa dilakukan antisipasi lebih dini terhadap potensi penyebaran di Banyuwangi,” imbuh Anas.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat perlu terus ditingkatkan. Seperti halnya di ruang publik, kantor, kendaraan umum, dan sebagainya. Serta semua harus terus waspada, pandemi belum berlalu. Protokol kesehatan harus ditegakkan agar tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Kampanye penggunaan masker pun terus digeber, melibatkan banyak sektor. Masker itu penting, karena perisai utama manusia untuk menangkal virus corona masuk ke tubuh. “Kami merumuskan tindakan tegas untuk mendisiplinkan warga. Bagi toko ataupun warung yang tidak menjalankan protokol kesehatan, segera kami evaluasi,” papar Anas.

Muhammad Handoyo

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *